Sukadana (Antara Kalbar) - Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kayong Utara Jakfar mengatakan Kayong Utara menjadi satu dari ratusan kabupaten  yang berkesempatan menyelenggarakan  Gala Desa, Program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.
    Untuk di Kabupaten Kayong Utara sendiri, dikatakannya,  Gala Desa dimulai pada 23 Juli di Kalimas, Kecamatan teluk Batang.
    "Cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan seperti sepak bola, volley ball, sepak takraw, atletik, bulutangkis serta tenis meja. Yang mana hampir semuanya bersyarat pembinaan usia dini," kata Jakfar.
    Ditambahkan Jakfar, kegiatan Gala Desa adalah merupakan kegiatan pertandingan olah raga antardesa yang bertujuan mencari bibit-bibit atlet olahraga dari desa terpencil sekalipun.
    "Ada tim khusus dari kementerian yang akan mencari bibit-bibit tersebut. Kalau nantinya mereka memiliki prestasi yang luar biasa, akan dikirim ke Sekolah Ragunan, yang khusus untuk atlet," jelasnya.
    Disambungnya, seluruh desa yang ada di Kabupaten Kayong Utara, yang berjumlah 43 desa, ikut ambil bagian. Khusus untuk cabang sepak bola, saat ini sudah berlangsung di Kecamatan Teluk Batang yang diikuti 64 klub. Direncanakan, imbuhnya, akan dibuka secara langsung oleh Deputi  I Kementerian Pemuda dan olah raga, yang menangani bidang olah raga dan prestasi.
     "Semoga bibit unggul dari desa yang ada di Kayong Utara khususnya di dunia olahraga dapat terlihat dan berprestasi di nasional maupun internasional," harapnya.

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017