Pontianak  (Antara Kalbar) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, menyatakan jamaah calon haji asal kota itu, mulai berangkat tanggal 10 Agustus mendatang.

"Insya Allah seluruh jamaah calon haji asal Kota Pontianak mulai akan berangkat 10 Agustus 2017 mendatang," kata Kepala Kemenag Kota Pontianak, Jawani di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, tahun ini ada sebanyak 650 jamaah calon haji asal Kota Pontianak yang akan berangkat naik haji.

"Yang terdiri dari 260 jamaah haji laki-laki, dan 390 jamaah haji perempuan, yang terbagai dalam lima kloter, yakni kloter 12,13,14,15 dan 16," ungkapnya.

Sebelum diberangkatkan menuju Mekkah, seluruh jamaah calon haji terlebih dahulu menjalani sesi manasik haji yang sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu dan yang terakhirnya manasik haji massal di Aula Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

"Kami memberikan latihan sesuai dengan regulasi yang ada dari tingkat kecamatan yang dilakukan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat dan yang terakhir manasik haji masal di Masjid Raya Mujahidin ini," katanya.

Dengan manasik haji diharapkan seluruh jamaah calon haji bisa benar-benar siap secara fisik dan siap secara rohani yang tergambarkan pada pemahaman tata cara menunaikan ibadah haji yang benar.

Dari 650 jamaah calon haji yang akan menunaikan ibadah haji, rata-rata didominasi jamaah calon haji yang lanjut usia (lansia) dengan umur paling tertua 93 tahun dan jamaah calon haji termuda berusia 18 tahun, katanya.


(U.A057Y008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017