Singkawang (Antara Kalbar) - Komandan Kodim 1202/Singkawang, Letkol Inf Abd Rahman membuka kegiatan lomba cipta dan baca puisi serta tarian budaya yang diikuti para pelajar SMA dan SMK sederajat di halaman Makodim kota setempat.

"Perlombaan ini merupakan wadah penyaluran bakat siswa siswi dalam bidang pendidikan dan budaya terutama Kebahasaan dan Kesusastraan serta melestarikan budaya daerah di Kalbar," kata Abd Rahman, Jumat.

Di samping itu, perlombaan ini juga untuk mengenalkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus masa depan bangsa yang memiliki peran serta yang sangat potensial dalam upaya pelestarian budaya baik di tempat tinggal, tempat bermain, tempat belajar serta tempat kegiatan lainnya.

"Dan selaku aparat pemerintah, pendidik dan orangtua diharapkan dapat memberikan pembinaan, arahan serta bimbingan kepada anak-anak untuk mencintai dan melestarikan budaya," ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, dia memberikan ruang kebebasan bagi pelajar atau sekolah untuk berkreasi dan berkarya guna memajukan pendidikan dan budaya di wilayah Kota Singkawang.

"Kepada peserta yang menjadi pemenang dalam lomba ini, berhak untuk mewakili Kodim Singkawang di tingkat Korem 121/Abw dan bahkan di tingkat Kodam XII/Tpr," tuturnya.

Salah satu siswa SMAN 10 Singkawang mengaku, melalui lomba tersebut setidaknya dapat menyalurkan bakat/kemampuan yang di milikinya serta untuk menambah ilmu dan wawasan.

"Dalam lomba ini, saya akan menampilkan tari-tarian dan baca puisi," katanya.

Juara atau tidak, ujarnya, itu bukan tujuan utama. "Yang penting sudah berusaha untuk menampilkan yang terbaik," ungkapnya.



(U.KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017