Sukadana (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara menggandeng media setempat sebagai bagian menciptakan pilkada yang cerdas dan berkualitas.
    Ketua KPU Kabupaten Kayong Utara Dedy Efendy mengatakan, untuk mensukeskan gawai besar pada tahun 2018, perlu peran serta semua pihak untuk mensukseskannya.
    "Penyampaian informasi yang benar dan membangun salah satunya dengan tersampaikannya pesan positif pelaksanaan pilkada ke masyarakat sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penerimaannya, dan salah satu jalurnya adalah melalui media," kata Dedy Efendy.
    Dijelaskannya, KPU di era keterbukaan publik memiliki kewajiban dalam menyampaikan semua hal yang berkenaan dengan penyelenggaraan dan pendidikan politik bagi masyarakat.
    Peran media sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia, memiliki peran penting untuk menyampaikan informasi secara utuh dan juga dapat menjadi salah satu jalur untuk pendidikan politik guna meningkatkan partisipasi pemilih.
    "Media dapat memberikan ruang kepada masyarakat untuk penyampai informasi ke masyarakat serta juga dapat menjadi fungsi kontrol dalam penyelenggaraan pemilu," kata Dedy.
    Sementara itu, salah satu jurnalis senior Kamiriluddin menanggapi adanya silaturahim antara KPU dan jurnalis memberi ruang yang besar terhadap masyarakat untuk mendapatkan informasi yang cukup dari penyelenggara pemilu serta menjadi tempat untuk menyampaikan masukan dan koreksi atas jalannya pelaksanaan tahapan pilkada.
    "Dengan keterbukaan yang menjadi motto KPU, masyarakat dapat mengakses segala informasi tahapan pilkada dan masyarakat juga dapat menyampaikan evaluasi terhadap pelaksanaannya melalui media," kata Kamiriluddin.
    KPU Kayong Utara, selain menggandeng media dalam salah satu upaya mensukseskan Pilkada 2018 ini, juga telah memiliki satu jalur informasi sendiri yakni di sosial media dengan akun PPID KPU KKU yang memuat informasi informasi tentang tahapan Pilkada KKU.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017