Pontianak (Antara Kalbar) - Warga Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat, menggelar upacara memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih di dalam Parit Nenas (sebutan parit tersebut).

"Upacara yang kami gelar di dalam parit ini, selain untuk meningkatkan kembali rasa nasionalisme, juga bertujuan untuk mengkampanyekan kebersihan lingkungan, terutama kebersihan Parit Nenas," kata Camat Pontianak Utara, Aulia Candra di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, banyak makna yang bisa diambil dalam memperingati HUT ke-72 RI tahun ini, salah satunya dengan meningkatkan semangat nasionalisme.

"Untuk kegiatan upacara yang unik ini, tidak lain dalam mengajak dan mengkampanyekan untuk menjaga lingkungan, seperti kebersihan parit, apalagi Kota Pontianak dikenal dengan kota seribu parit," ungkapnya.

Aulia menambahkan, upacara tersebut melibatkan ratusan masyarakat setempat, yang terdiri dari unsur jajaran Kecamatan Pontianak Utara, komunitas pecinta parit dan anak-anak sekolah, serta masyarakat sekitar.

Sementara itu, Ketua Komunitas Kreasi Sungai Putat, Samhudi menambahkan, digelarnya upacara dalam parit dalam rangka meningkatkan semangat masyarakat dalam menjaga kebersihan parit sekitar pemukiman mereka.

"Upacara di dalam parit ini cukup unik dan mendapat sambutan positif dari masyarakat sekitar dan oleh Pemerintah Kota Pontianak, sehingga terselenggara dengan lancar dan sukses," katanya.

Meski tampak para pembawa bendera merah putih sedikit kesulitan dalam menyeimbangkan badanya dalam parit, namun pengibaran bendera merah putih berjalan dengan lancar dan hidmat.

Sebelumnya, Pemkot Pontianak telah mencanangkan kawasan Parit Nenas sebagai kawasan wisata air, dalam menarik minat wisatawan lokal maupun luar dalam menikmati keindahan parit di Pontianak.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017