Pontianak  (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya mengharapkan agar Humas yang ada di setiap instansi pemerintahan dapat meningkatkan perannya dan menjadi jembatan informasi bagi masyarakat.

"Di era serba digital saat ini, peran Humas harus berubah seiring perkembangan teknologi. Artinya, peran humas tak lagi sekedar memberi informasi satu arah, melainkan harus menjadi jembatan informasi kepada masyarakat maupun kepada media mitra Pers" kata Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya, ketika membuka kegiatan Gathering Kehumasan Pemerintah Provinsi Kabupaten Kota se-Kalbar, di Pontianak, Rabu.

Menurutnya, ada era digital  saat ini, pemerintah telah mencanangkan sistem e-goverment dalam seluruh proses kegiatan pemerintahan, tak terkecuali dalam bidang tugas kehumasan yang sekarang digeluti.

"Peranan Humas sangat strategis dalam suatu organisasi pemerintahan, mempunyai komitmen dalam menyelenggarakan prinsip-prinsip pemerintahan yang transparan dan akuntabel.Humas harus berperan secara optimal, humas mempunyai peranan penting," tuturnya.

Dirinya juga menekankan agar Humas di instansi pemerintahan harus menjadi Humas yang kreatif, inovatif dan mampu menjadi fasilitator masyarakat. Untuk menuju ke arah itu yang lebih baik.

Karena, katanya, disadari pengelolaan informasi yang baik dan profesional dari pelaksanaan program atau kegiatan pemerintahan daerah yang ada pada tiap tiap instansi atau organisasi perangkat daerah menjadi penting.

"Kita telah secara nyata menjalankan prinsip transparansi dan keterbukaan publik di satu sisi, disamping yang menjadi harapan utama kita adalah dukungan dan respon yang positif dari masyarakat terhadap publikasi-publikasi pencapaian kerja yang akan dapat menjadi indikator keberhasilan secara umum tugas-tugas pimpinan daerah," katanya.

Christiandy berharap berharap melalui Gathering Kehumasan itu bisa menginventarisir permasalahan yang dihadapi maupun masukan-masukan kepada pemerintah melalui diskusi dan tanya jawab sehingga diprogramkan dalam program kerja ke depan yang lebih mendukung sesuai kebutuhan di lapangan dan kemajuan di era digital.

"Karenanya Humas memegang peranan penting. Saya mengajak seluruh jajaran humas untuk meningkatkan perannya dan saya berharap melalui gathering ini bisa membawa peningkatan ke depan," kata Christiandy.

Dikatakan dia, sistem digital adalah sistem yang tidak murah dan juga tidak sederhana. Sistem digital dalam menunjang kegiatan kehumasan menuntut banyak hal, mulai dari kemampuan dalam hal penguasaan teknologi.

"Kemampuan kita menyediakan informasi yang cepat dan akurat dan kemampuan kita dalam memberikan ruang informasi yang dapat diakses oleh masyarakat luas diseluruh wilayah Kalimantan Barat," katanya.





(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017