Pontianak (Antara Kalbar) - Asosiasi Recana Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kalbar terbentuk dan hadirnya asosiasi tersebut sebagai wadah perjuangan dan komunikasi dari berbagai daerah kabupaten dan kota yang ada di Kalbar.

"Pemekaran merupakan harapan masyarakat dengan lahirnya asosiasi semoga lebih memudahkan dalam mewujudkan harapan masyarakat tersebut," ujar Ketua Asosiasi Rencana DOB Kalbar, Milton Crosby di Pontianak, Minggu.

Milton yang juga merupakan mantan Bupati Sintang menjelaskan bahwa sesuai kajian akademi Kalbar sudah layak dimekarkan menjadi 25 kabupaten kota dan tiga provinsi.

"Tentu kita akan mendorong hal ini dan untuk daerah yang ingin mekar segera melengkapi proses dan syarat yang dibutuhkan pusat seperti syarat teknis, administrasi dan kewilayahan," kata dia.

Dikatakannya pada tahun ini ditargetkan semua persyaratan untuk pemekaran kabupaten di beberapa daerah di Kalbar sudah selesai.

"Saya inginkan tahun ini khusus di tingkat kabupaten sudah beres untuk kita bawa ke provinsi dan tahun- tahun depan kita bisa ke tingkat pusat. Intinya administrasi kita harus sudah ada di Senayan," katanya.

Ia berharap stakeholder mempunyai visi yang sama untuk segera mempersiapkan untuk proses pemekaran yang sejak lama didambakan oleh masyarakat.

"Dengan adanya pemekaran kita ingin perbaikan layanan publik, rentang kendali pemerintahan supaya lebih cepat, dan mewujudkan keadilan. Semua itulah sebenarnya tujuan pemekaran," kata dia.

Dalam pembentukan asosiasi dihadiri dari beberapa perwakilan daerah seperti dari Kabupaten Sambas, Kota Singkawang, Sintang dan beberapa daerah lainnya.



(U.KR-DDI/N005)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017