Jakarta (Antara Kalbar) - Pengurus Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, berencana menyembelih hewan kurban dalam rangka memperingati Idul Adha 1438 Hijriah pada Jumat sore seusai ibadah shalat Ashar.

"Rencananya, penyembelihan hewan-hewan kurban yang ada di Masjid Istiqlal akan kami lakukan sore hari ini, sekitar pukul 16.00 WIB, sehabis shalat Ashar," kata Kepala Bidang Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah di Jakarta, Jumat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, menurut dia, pihak pengurus Masjid Istiqlal kerap melaksanakan penyembelihan hewan kurban setelah ibadah shalat Isya dan baru berakhir pada dini hari.

"Tahun ini memang berbeda. Kalau biasanya penyembelihan hewan kurban baru dilakukan selepas shalat Isya, sekarang kami ingin mencoba melakukannya sehabis shalat Ashar. Jadi, dipercepat," ujar Abu.

Lebih lanjut, dia menuturkan waktu pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang dimajukan itu dilakukan dengan tujuan agar proses penyembelihan sekaligus pendistribusian daging kurban bisa rampung sebelum tengah malam.

"Kami berharap pada pukul 20.00 atau 21.00 WIB proses penyembelihan sudah selesai dan dagingnya bisa langsung didistribusikan kepada warga yang membutuhkan. Artinya, daging kurban yang dibagikan itu masih dalam kondisi segar," tutur Abu.

Dia mengungkapkan waktu penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan usai shalat Ashar itu juga dilakukan agar masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk bisa mendapatkan daging kurban tersebut.

"Kalau disembelih pada malam hari, kira-kira pukul 01.00 WIB dini hari daging kurban baru bisa didistribusikan. Saat itu, warga pasti sudah lelah menunggu, sudah sampai ketiduran. Makanya, tahun ini kami coba majukan waktu penyembelihannya," ungkap Abu.

Sementara itu dia mengatakan pihaknya telah menerima sebanyak 53 hewan kurban yang terdiri dari 27 ekor sapi serta 26 ekor kambing. Setelah didipotong, diperkirakan nantinya hewan-hewan kurban tersebut akan menghasilkan sebanyak 4.000 kantong dan akan dibagikan kepada sebanyak 4.000 kepala keluarga (KK).

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017