Putussibau (Antara Kalbar) - Pengurus Ranting Bhayangkari Badau, memperingati Hari Literasi Internasional dengan mendatangi SD Negeri 11 Janting, Kecamatan Badau, daerah perbatasan Indonesia - Malaysia di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Mencintai dunia literasi sejak sekolah dasar itu penting, agar siswa bisa mengisi waktu luangnya dengan hal yang berguna untuk dirinya sendiri juga orang lain," kata Ketua Bhayangkari Polres Kapuas Hulu, melalui Pengurus Ranting Bhayangkari Polsek Badau, Ny Kartini Medianto, kepada Antara, Jumat sore.

Menurut Kartini, selain memperingati Hari Literasi Internasional, kunjungan ke SDN 11 Janting itu juga dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke - 65 tahun 2017.

Sementara itu, Kapolsek Badau, AKP Medianto menjelaskan kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan minat membaca kepada siswa - siswi di usia dini khususnya untuk pelajar di daerah perbatasan serta lebih mendekatkan polisi kepada masyarakat.

"Mereka (pelajar) perlu terus kita berikan motivasi dan bimbingan, agar mereka suka membaca," jelas Medianto.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah Dasar Negeri 11 Janting, Naigi mengatakan dengan kunjungan Pengurus Bhayangkari Polsek Badau itu, pihaknya merasa terbantu apalagi kondisi SD tersebut belum memiliki perpustakaan.

"Sebagai sekolah yang tidak memiliki perpustakaan, kami merasa sangat terbantu dengan kegiatan literasi itu," kata Naigi.

Pada peringatan Hari Literasi Internasional sekaligus peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke - 65 tahun 2017 itu juga ada penyampaian materi "Membaca buku mengenal dunia" dari Ny Riani Kasih Sudarwono (27) yang juga merupakan Anggota Bhayangkari Polsek Badau, dan sejumlah kegiatan lainnya yang di pandu oleh Ny Cucu Cahyati Akin, Ny Pahajar Masni dan Ny Nurnazma Sarifudin.

Pengurus Ranting Bhayangkari Polsek Badau juga merencanakan akan terus melakukan kegiatan penyuluhan ke sekolah perbatasan lainnya, untuk menumbuhkan minat baca anak perbatasan supaya menjadi generasi yang terus belajar dan cinta Indonesia.

(KR-TFT//N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017