Pontianak (Antara Kalbar) - Perusahaan Listrik Negara Kalimantan Barat meresmikan 33 titik listrik desa yang tersebar di Kabupaten Ketapang, sebagai bagian dari upaya peningkatan elektrifikasi.

"Hingga Agustus 2017, rasio elektrifikasi Kabupaten Ketapang sudah mencapai 72 persen. Program pembangunan jaringan listrik desa ini bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi," ujar General Manager PLN Wilayah Kalbar, Richard Safkaur saat meresmikan operasional jaringan listrik listrik desa di Desa Kemuning Biutak, Kecamatan Matan Hilir, Kabupaten Ketapang, Jumat.

Richard Safkaur menjelaskan bahwa Desa Kemuning merupakan satu dari 33 desa program listrik desa anggaran tahun 2016. Menurutnya sebanyak 210 pelanggan baru di Desa Kemuning siap menikmati listrik PLN.

"Listrik di Kemuning disuplai dari sistem kelistrikan Area Ketapang dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel. Kami menggunakan JTM dengan jarak 18,9 kms dan JTR dengan jarak 3,9 kms serta total gardu mencapai 150 kVA," paparnya.



Pembangunan listrik desa diakui Richard memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Itu tergambar dari terbatasnya akses menuju ke desa yang akan dilistriki.

"Meskipun harus mengahadapi medan yang sulit, program listrik desa harus tetap berjalan. Yang menjadi semangat dan motivasi kami adalah senyum bahagia masyarakat yang merasakan manfaat listrik di sini," ujar Richard Safkaur.

Warga Desa Kemuning Biutak memberikan apresiasi kepada PLN dan mengaku bahagia hadirnya listrik di desa mereka serta tak segan membantu PLN untuk menjaga supaya suplai listrik tidak mengalami gangguan.

"Yang penting listrik nyala, kami akan mendukung dan membantu petugas PLN supaya aliran listrik tidak terganggu, salah satunya adalah kami akan rela jika pohon kami yang mengganggu dipangkas," kata Kepala Desa Kemuning, Rudi Maslah.

Sementara itu, Bupati Ketapang Martin Rantan menambahkan warga sudah tidak sabar dan antusias untuk menikmati energi listrik. Untuk itu warga akan membantu jika ada yang dibutuhkan PLN dalam percepatan pelistrikan desa.

"Ini adalah desa terakhir di Kecamatan Matan Hilir yang dilistriki PLN. Tentunya selamat untuk PLN karena sudah menyelesaikan tugasnya. Dengan adanya listrik kami yakin akan bisa meningkatkan taraf hidup warga di Kemuning Biutak," kata dia.

Baca juga: PLN Bagikan Token Listrik Prabayar Gratis


(U.KR-DDI/T007)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017