Singkawang (Antara Kalbar) - Panitia Hari besar Islam (PHBI) Kota Singkawang, Kalimantan Barat, akan menggelar pawai Ta`aruf keliling kota setempat pada Kamis (21/9) mendatang.

"Pawai Ta`aruf ini adalah dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah tahun 2017 dengan mengangkat tema peduli kemanusiaan untuk Rohingya," kata Ketua PHBI Kota Singkawang, H Ruslan Karim, Minggu.

Menurutnya, kegiatan pawai Ta`aruf ini akan diikuti seluruh Ormas Islam, Perguruan Tinggi, pelajar, dan masyarakat umum Kota Singkawang.

"Pawai Ta`aruf ini akan dimulai dari pukul 13.00 WIB, dan dilepas dari lapangan sepak bola Tarakan Singkawang," ujarnya.

Adapun rute yang akan dilalui, terangnya, dari lapangan sepak bola Tarakan peserta pawai berjalan menuju Jl Jenderal Sudirman, Jl Nusantara, Jl Setia Budi, Jl Sejahtera, Jl Pangeran Diponegoro, Jl Yos Soedarso, Jl Masjid, Jl Merdeka dan finis di depan Masjid Raya Singkawang.

Yang mana setiap peserta, jelasnya, harus berpakaian muslim dan muslimah, membawa simbol-simbol ke Islaman seperti onta, gajah, masjid dan lain-lain sesuai dengan nuansa Tahun Baru Islam, dan mengumandangkan shalawat, qasidah dan lagu-lagu Islami.

Dikatakan Ruslan, tujuan pihaknya mengusung tema dalam kegiatan tersebut adalah semata-mata untuk membangun solidaritas umat Islam atas sesama mahluk tuhan yang seyogyanya telah dibantai dan disiksa habis-habisan oleh tentara Myanmar.

Sehingga, dalam kegiatan itu nanti pihaknya juga akan menyempatkan diri untuk mengumpulkan donasi yang tujuannya untuk membantu dan meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang sedang mendapat musibah besar kemanusiaan di negara Myanmar.

Dari dana yang terkumpul tersebut, akan diserahkan ke Baznas pusat untuk dikelola dan diserahkan kepada etnis Rohingya.

Harapan dia, apa yang dilakukan oleh masyarakat Singkawang dapat bermanfaat bagi saudara-saudara Rohingya di Myanmar, dan mendapat balasan oleh Allah dengan sebuah kebaikan.

"Kemudian kepada mereka-mereka yang zholim semoga diberikan azab oleh Allah," ungkapnya.

(KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017