Sukadana (Antara Kalbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengumumkan bahwa tinggi gelombang di perairan Selat Karimata dan sekitarnya mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter. Kondisi ini mempengaruhi aktivitas nelayan di kawasan pesisir Kabupaten Kayong Utara sehingga hasil tangkapan mereka menurun.
    "Dalam enam hari belakangan ini, saya hanya bisa menangkap ikan 600 kilogram, kalau biasanya sih banyak, ini dikarenakan gelombang lagi besar," kata Ibrahim, salah seorang nelayan di Sukadana.
    Ia memperkirakan, hingga satu minggu mendatang, gelombang laut dan curah hujan masih  tinggi di Kayong Utara. "Kalau terjadi gelombang tinggi kita lebih milih tidak melaut. Daripada kita menanggung risiko," ujar dia.
    Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang nelayan pesisir Pantai Pulau Datok, Burhan, yang memilih untuk kerja serabutan di darat untuk menafkahi istri dan anak - anaknya saat cuaca buruk.
    "Biasanya kalau cuaca seperti ini saya memilih kerja lain, Alhamdulilah saya sedikit - sedikit  bisa nukang rumah," kata Burhan yang juga Ketua RT ini.

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017