Pontianak (Antara Kalbar) - Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Erwin Triwanto, Senin, meresmikan kampung tertib lalu lintas pertama, yang berlokasi di Kampung Ari Karya 9, Kecamatan Pontianak Barat, Provinsi Kalbar.

"Kampung tertib lalu lintas ini, merupakan yang pertama di Indonesia," kata Erwin Triwanto seusai meresmikan kampung tertib lalu lintas di Pontianak.

Ia menjelaskan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Kampung Ari Karya 9 yang telah berpartisipasi sehingga terciptanya kampung tertib lalu lintas tersebut.

"Kami berharap dengan diresmikannya kampung tertib lalu lintas ini, bisa memberikan motifasi kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar menambahkan, apa yang telah dilakukan oleh warga Kampung Ari Karya 9 itu, hendaknya bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Kalbar dalam tertib berlalu lintas.

Ia menambahkan, guna menekan angka kecelakaan lalu-lintas, ke depannya agar segera muncul kampung-kampung lain yang tertib lalu lintas, untuk membangun masyarakat Kalbar yang lebih tertib berlalu lintas.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Kampung Ari Karya 9, Wahab mengajak masyarakat untuk lebih tertib dalam berlalu lintas, dan menjadikan ketertiban itu merupakan kebutuhan bukan keterpaksaan.

"Karena budaya tertib berlalu lintas harus ditanamkan mulai dari lingkungan terkecil, yakni dari keluarga, baru kemudian di lingkungan masyarakat.

Dengan adanya kampung tertib lalu lintas ini, merupakan awal dari tertib berlalu lintas hingga di luar kampung ini. "Kalau di lingkungan terkecil mulai dari keluarga, masyarakat sudah tertib, maka seseorang itu akan selalu tertib hingga ke luar," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya menyatakan kesiapan untuk mengawal upaya menciptakan ketertiban berlalu lintas tersebut. "Inikan baru peluncuran, sehingga upaya ketertiban ini harus dikawal sehingga selalu tercipta ketertiban berlalu lintas," katanya.





Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017