Pontianak (Antara Kalbar) - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat memberikan perhatian khusus kepada dua markas kepolisian sektor di perbatasan Kabupaten Bengkayang dengan Malaysia, yakni Polsek Siding dan Jagoi Babang.

"Kunjungan saya ini, untuk mengetahui langsung kondisi dua mapolsek tersebut, yaitu Polsek Siding dan Jagoi Babang," kata Kapolda Kalbar Irjen Pol Erwin Triwanto di Bengkayang, Selasa.

Ia menjelaskan Polsek Siding dan Jagoi Babang merupakan dua polsek di Polres Bengkayang yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

"Pimpinan Polri telah memberi tunjangan khusus bagi anggota yang bertugas di perbatasan, maka dari itu tunjukkan kinerja yang baik, ukir prestasi dengan mampu mencegah dan mengungkap apabila terjadi kejahatan di lintas batas itu," ujarnya.

Ia meminta para personel polisi menjaga integritas diri, walaupun ketika bertugas di ujung perbatasan negara, namun tetap harus loyal terhadap tugasnya.

Untuk itu, stop berperilaku negatif, budaya yang sudah tidak tepat lagi harus ditinggalkan. Tunjukkan kinerja nyata, pertahankan beberapa terobosan yang telah dilakukan Polres Bengkayang di bidang pelayanan yang berbasis IT, katanya.

"Tingkatkan terus dan pertahankan agar program tersebut berkesinambungan dan keberlanjutan, begitu juga sikap kita semua harus menjadikan diri sebagai petugas yang ramah, dan dekat dengan warga, kemudian mampu merangkul dan mengajak serta mendidik masyarakat," katanya.

Dalam beberapa kesempatan, Kapolda Kalbar mengatakan, pihaknya memang memberikan perhatian khusus dalam pengamanan di kawasan perbatasan Kalbar-Malaysia, karena rawan berbagai aktivitas ilegal, seperti penyeludupan, narkoba dan lain sebagainya.

Wilayah hukum Polda Kalbar, tercatat ada lima Polres yang berbatasan langsung dengan Malaysia, yakni Polres Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang dan Kapuas Hulu.

(A057/A039)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017