Pontianak (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengharapkan, masyarakat Kalimantan Barat dapat mengimplementasikan ideologi Pancasila agar persatuan dan kesatuan bangsa ini dapat terus tercipta.

"Negara yang mempunyai ideologi Pancasila harus mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bermasyarakat bukan hanya slogan tapi dilaksanakan dan Pancasila ini mengikuti perkembangan zaman. Kalau hanya slogan dan tidak mengikuti perkembangan zaman itu ideologi akan mati, hilang tenggelam," kata Cornelis saat menjadi Pembina upacara memperingati hari kesaktian Pancasila, Senin.

Mantan Bupati Landak itu menambahkan, Ideologi Pancasila yang selama ini ada sangat berperan mempersatukan seluruh bangsa Indonesia dari ujung barat sampai ujung timur, menjadi satu kesatuan bangsa yang besar. Walaupun berbeda-beda namun tetap satu, dan bisa mengalahkan ideologi lain.

"Ideologi Pancasila ini yang bisa menyelamatkan bangsa Indonesia, dimana beberapa kali kita terancam," tuturnya.

Menurut Cornelis, kalau mau jujur buka sejarah, bagaimana bangsa Indonesia ketika zaman kerajaan Belanda bangsa Indonesia dipecah-belah. Ketika bangsa Indonesia sudah merdeka semua bisa melihat melihat apa yang terjadi dengan komunis, namun yang bisa menangkalnya adalah Pancasila.

"Kita lihat bagaimana komunis menghajar kita tahun 1948 tahun 1965, PGRS PARAKU di Kalbar, bagaimana Sofian itu ingin menghancurkan Kalbar, ditumpas oleh TNI bersama masyarakat Kalimantan Barat," tuturnya.

Pada Upacara yang berlangsung khidmat tersebut juga, Gubernur Cornelis membacakan secara lantang Teks Pancasila diikuti seluruh peserta dan Pembukaan UUD 1945 oleh Kepala Biro Hukum Suherman, Pembacaan Ikrar oleh Kepala Biro Pemerintahan Yohanes Budiman. Serta mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara.

(KR-RDO//N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017