Pontianak (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Syech Bandar membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VIII tingkat Kecamatan Singkawang Tengah, yang dilaksanakan di Jalan Trisula, Kelurahan Bukit Batu, Selasa.

Dalam sambutannya, Syech Bandar sangat mengapresiasi kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VIII tingkat Kecamatan Singkawang Tengah.

Dia berpesan, agar pelaksanaan MTQ tahun ini lebih meriah lagi. Selain itu, dia juga mengharapkan agar ada peserta dari Kecamatan Singkawang Tengah nanti yang bisa meraih prestasi yang lebih baik, sehingga bisa sampai ke MTQ tingkat Provinsi.

Kegiatan MTQ VIII tingkat Kecamatan Singkawang Tengah ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 2-4 Oktober 2017 yang diikuti oleh kafilah (utusan) dari Kelurahan Roban, Condong, Sekip Lama, Sei Wie, Jawa, dan Bukit Batu.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Singkawang Tengah, AKP Andri Syahroni mengatakan, pihaknya telah menyiapkan personil untuk mengamankan jalannya kegiatan MTQ tersebut.

"Kami dari pihak kepolisian telah menyiapkan personil untuk mengamankan selama kegiatan berlangsung," katanya.

Sebelumnya, masyarakat Kelurahan Bukit Batu, Kecamatan Singkawang Tengah menggelar pawai Taaruf dalam rangka pembukaan MTQ VIII dan Pentas Seni Budaya Islam (PSBI) dari tanggal 28-30 September 2017.

"Kegiatan ini merupakan pra kegiatan MTQ VIII yang pelaksanaannya akan dimulai dari 2-4 Oktober 2017," kata Ketua Panitia Pentas Seni Budaya Islam (PSBI), Hermansyah.

Dimana kegiatan PSBI ini dipusatkan di mimbar utama MTQ VIII di lapangan Voli Kelurahan Bukit Batu.

Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam dua tahun. Dimana tujuan dari kegiatan ini, jelasnya, ingin melestarikan dan mempertahankan seni budaya Islam serta salah satu wadah untuk menunjukkan bakat serta kreatifitas generasi muda.

"Ada dua kegiatan yang dilombakan yaitu festival lomba lagu-lagu religius se-Kota Singkawang dan lomba azan se-Kelurahan Bukit Batu dan penampilan kelompok ikatan seni budaya zikir nazam Kota Singkawang serta penampilan-penampilan seni budaya yang ada di enam kelurahan se-Kecamatan Singkawang Tengah," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017