Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak sedang membangun dua taman yang juga masih berada di kawasan Universitas Tanjungpura, yakni Taman Arboretum dan Plaza Untan.

"Kedua taman itu, kami targetkan akan selesai tahun ini," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan kedua taman itu letaknya di depan Pos Polisi Bundaran Untan dan taman yang bersebelahan dengan Politeknik Negeri (Polnep) Pontianak.

"Taman ini rencananya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat bermain catur, skatepark atau tempat bermain skateboard, lapangan basket, taman bunga dan informasi sejarah tentang pahlawan daerah," ungkapnya.

Sutarmidji optimistis kedua taman itu bisa diselesaikan tahun ini.

"Kalau pun berlanjut hingga tahun depan, paling untuk pengerjaan yang kecil-kecil saja," katanya.

Dari Taman Arboretum Untan, lanjutnya, akan dibangun jembatan untuk akses ke taman di samping Polnep.

Para pengunjung yang ingin melintas atau pun sekadar menikmati pemandangan dari atas jembatan, dapat melewatinya, katanya.

Pembangunan taman-taman itu, menurut dia, sebagai upaya mempercantik dan mempermanis kawasan Bundaran Tugu Digulis sehingga indah dipandang mata.

"Saya maunya ruang-ruang publik itu dibuat dengan kenyamanan. Nanti juga ditambah dengan wahana permainan anak-anak, serta juga akan disiapkan `space` untuk bayi agar mereka aman dan nyaman saat bermain," katanya.

Pembangunan kedua taman itu menggunakan anggaran sebesar Rp6,1 miliar, dengan rincian masing-masing Rp4,3 miliar untuk taman samping Polnep dan Rp1,8 miliar untuk taman depan Pos Polisi.

Menurut Sutarmidji, biaya perawatan kedua taman ini, nantinya akan jauh lebih mahal.

Namun demikian, taman memang jadi hal penting demi kenyamanan dan kebahagiaan warga kota.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pontianak Ismail menambahkan nantinya akan ada relief atau informasi tentang Digulis dan pahlawan di kawasan taman itu.

(A057/J008)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017