Putussibau (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Kapuas Hulu H Muhammad Sukri mengatakan, pramuka merupakan aset penting bagi pancasila dan bangsa untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Gerakan pramuka dapat menyatukan bangsa ketika banyak pihak yang punya kepentingan lainnya, apalagi anggota pramuka tersebar di pelosok tanah air," kata Sukri saat memimpin Apel Besar Hari Pramuka ke - 56 di halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis.

Selain itu kata Sukri, pramuka juga merupakan perekat bangsa, sehingga bagaimana caranya pramuka itu harus benar tertanam untuk berperilaku dalam kehidupan sehari - hari.

Menurut dia, dalam pramuka tidak memandang agama, politik, suku dan golongan.

" Sehingga bagi orang tua jangan ragu - ragu jika ada anaknya yang ingin bergabung menjadi anggota pramuka," jelas Sukri.

Tidak hanya itu, Sukri juga meminta agar pramuka dan melahirkan generasi bangsa yang berkualitas, karena pembangunan fisik harus sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia.

" Pramuka harus mampu menciptakan generasi yang kreatif dalam turut serta memajukan bangsa," pinta Sukri.

Dikatakan Sukri, pendidikan formal saja tidak cukup untuk menciptakan generasi yang handal dan berkarakter, apalagi ditengah perkembangan teknologi media sosial yang semakin canggih.

" Kita berharap juga pramuka proaktif mengabarkan informasi dan berita disekitarnya serta menolak berita bohong (hoax)," kata Sukri.

(T.KR-TFT/H005)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017