Pontianak (Antara Kalbar) - Forum Masyarakat Peduli Pantai Utara (Formptura) kembali serap aspirasi masyarakat dari kalangan mahasiswa di tiga daerah yakni Singkawang, Bengkayang, dan Sambas (Singbebas) tentang wacana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Sambas Raya.

"Sebelumnya kita juga sudah melakukan silaturahmi dengan pimpinan daerah Singbebas. Kali ini kita serap dan silaturahmi dengan mahasiswa sebagai perwakilan kaum intelektual," ujar Ketua Formtura, Hendi Sutarsa di Pontianak, Jumat.

Hendi menjelaskan dalam waktu dekat para mahasiswa Singbebas juga akan melakukan seminar nasional. Dalam seminar tersebut juga akan melibatkan kalangan akademis, para dosen.

"Melalui seminar tersebut kita ingin lebih luas menyerap aspirasi dan sekaligus sosialisasi pentingnya DOB bagi Singbebas," kata dia.

Dikatakan dia, DOB Provinsi Sambas Raya sangat penting dalam rangka memudahkan dan memperpendek pelayanan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lain-lainnya.

"Kita targetkan akhir tahun ini panitia DOB Provinsi Sambas Raya sudah terbentuk. Semua tentu perlu dukungan semua pihak," kata dia.

Sementara itu mahasiswa asal Sambas yang juga panitia seminar nasional, Fiqri Haqil Nur menyambut baik dan mendukung penuh wacana DOB Provinsi Sambas Raya. Menurutnya pemekaran langkah efektif dalam mempercepat pembangunan di daerah.

"Dengan adanya pemekaran kita meyakini banyak perubahan dan percepatan pembangunan di daerah. Apalagi di lihat dari letak geografis dan SDM itu sangat mendukung," kata dia.

Ia menambahkan DOB Provinsi Sambas Raya sangat strategis mengingat daerah tersebut berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

"Saat ini di daerah Singbebas sudah ada dua DOB kabupaten baru yakni Kabupaten Sambas Pesisir dan Kabupaten Bukit Raya Kepulauan yang sudah disetujui tingkat daerah. Namun di tingkat provinsi masih belum disetujui sehingga kita dorong itu. Kalau disetujui maka syarat lima kabupaten untuk membentuk provinsi terpenuhi," papar dia.

Senada juga disampaikan juga oleh Ketua Ikatan Mahasiswa Kabupaten Bengkayang di Pontianak, Candra Mardianto. Ia sangat menyambut positif dan akan mendukung penuh wacana yang ada.

"Kita akan dukung gerakan ini sebab akan memberikan dampak baik bagi daerah. Kita pastikan adanya pemekaran akan meningkatkan layanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata dia.


(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017