Sambas (Antara Kalbar) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Tebas, Sambas, mengajak masyarakat di daerah tersebut berperilaku sehat untuk mencegah kanker payudara dan kanker serviks secara dini.

"Makanlah makanan yang sehat tanpa pengawet dan tidak mengandung bahan kimia. Masyarakat harus menyadari tentang pola hidup sehat dengan menjaga fisik dan mental serta selalu mengkonsumsi makanan yang sehat," ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tebas, Wagiyem Marianis saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Pencegahan kanker kata dia harus juga diajarkan pada anak-anak sejak usia dini. Dukungan kepala keluarga dalam hal tersebut sangat penting.

"Orang tua berperan penting dalam hal penyediaan asupan gizi dan protein, serta harus rajin berkonsultasi pada tenaga kesehatan terdekat," papar dia.

Pihaknya dari PKK kata dia untuk pemberian wawasan soal pencegahan kanker payudara dan serviks secara dini sudah dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Sungai Kelambu Kecamatan Tebas.

"Pelaksanaan kegiatan pemahaman agar masyarakat mengetahui bahaya penyakit dan pencegahan serta penindakan cepat jika ada hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sementara itu, Camat Tebas Marianis Majri menyabut baik kegiatan PKK Tebas di sejumlah Puskesmas daerah itu. Ia menyebutkan di Kecamatan Tebas memiliki tiga Puskesmas yakni Puskesmas Tebas, Puskesmas Segarau dan Puskesmas Sungai Kelambu.

Ia berharap ke depannya kesadaran masyarakat tentang hidup sehat serta berperilaku sehat semakin meningkat.

"Indikatornya dapat dilihat, dari berkurangnya orang berkunjung ke Puskesmas untuk berobat. Semakin sedikit masyarakat mengunjungi Puskesmas, artinya masyarakat semakin sehat," kata dia.
 
(KR-DDI/A043)  

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017