Putussibau (Antara Kalbar) - Jajaran Polres Kapuas Hulu, menggelar apel operasi terpusat "Zebra Kapuas 2017" untuk persiapan menghadapi pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru mendatang.

Operasi Zebra itu mulai dilaksanakan 1 - 14 Nopember 2017, dengan fokus kegiatan yaitu tertib berlalu lintas.

"Operasi Zebra dalam rangkaian persiapan menghadapi natal dan tahun baru, dan kami melibatkan pihak TNI, Satuan Polisi PP dan Dinas Perhubungan," kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, usai memimpin Apel Gelar Pasukan Terpusat "Operasi Zebra Kapuas 2017" di halaman Polres Kapuas Hulu di Putussibau, Rabu.

Ia menjelaskan Operasi Zebra Kapuas menitik beratkan terhadap penertiban lalu lintas.

Dikatakan Imam, pada Operasi Zebra Kapuas Tahun 2016 terdapat 550 pelanggaran tilang dan sebanyak 242 teguran.

"Pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan dan kecelakaan itu terjadi karena pelanggaran," ungkap Imam.

Dirinya berharap saat Natal dan Tahun Baru mendatang Kapuas Hulu bisa aman dan tertib, termasuk lalu lintas.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan angka kecelakaan di Kapuas Hulu cukup tinggi, diharapkan dengan adanya operasi zebra kecelakaan berkurang.

Ia mengimbau agar masyarakat sadar dan menaati aturan berlalu lintas terutama untuk daerah Lintas Selatan dan Lintas Utara, termasuk dalam Kota Putussibau.

"Kita berharap masyarakat patuh berlalu lintas, tetapi kadang justru Aparatur Sipil Negara yang tidak patuh aturan lalu lintas," kata Nasir usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Terpusat Operasi Zebra Tahun 2017.

(KR-TFT/N005) 

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017