Singkawang (Antara Kalbar) - Sebanyak 80 karateka tingkat pemula mendapatkan sabuk Kyu dan kenaikan sabuk kyu Kushin Ryu M Karatedo (KKI) Kota Singkawang diumumkan Dojo Sin Tai Gi KKI Singkawang, pada Minggu.

"Kenaikan tingkat dasar atau pemula kita lakukan dan kenaikan sabuk Kyu 6 hingga Kyu 4 juga diberikan, dan juga diberikan sabuk Kyu dari Kyu 5 hingga ke 3 sebanyak dua orang," kata Ketua Majelis Sabuk Hitam KKI Kota Singkawang, Syech Jimi.

Dia menjelaskan, bahwa kenaikan sabuk dilakukan secara berkala dua minggu sekali. "Pemusatan latihan dan ujian kenaikan sabuk dilakukan di Pasir Panjang Pak Lotai seminggu lalu, dan hari ini pengumuman sabuknya," ujarnya.

Materi yang diberikan dalam pemusatan latihan dan ujian kenaikan tingkat diantaranya pengetahuan Kareto-Do, materi kata, Ippon Kumite dan Teknik Jiu Jutsu.

"Dilakukannya pemusatan latihan dan ujian kenaikan sabuk di kawasan pantai agar selain melatih fisik juga refreshing bagi karateka," ungkapnya.

Jimi menyebutkan, jumlah karateka KKI Kota Singkawang saat ini, ada sekitar dua ratus lebih karateka. "Kami juga menyampaikan terima kasih kepada pihak pengadilan yang telah meminjamkan aset mereka yang lain untuk kami tempati sebagai tempat latihan," katanya.

Dia juga berterima kasih kepada Batalyon Raider 641 Singkawang yang telah memfasilitasi kendaraan untuk mengangkut karateka ke Pasir Panjang Pak Lotai dan terima kasih juga sedalam-dalamnya kepada Ketua Umum KKI M Karatedo, Oesman Sapta Odang.

Menurutnya, banyak manfaat mengikuti kegiatan bela diri, terutama bagi pelajar divantaranya untuk mencegah kenakalan remaja serta menjauhi narkoba.

"Karena di dalam bela diri Karatedo, bahwa setiap kareteka harus mempunyai jiwa yang kuat, kedisiplinan, teknik dan kekuatan," ujarnya.
 
(KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017