Pontianak (Antara Kalbar) - Dinas Perhubungan Kota Pontianak berencana membuka kembali jalur putaran kendaraan di depan Kantor Taspen atau Mega Mal Pontianak di Jalan Ahmad Yani.

"Rekayasa lalu lintas itu dilakukan untuk mengurangi penumpukan kendaraan dari arah Ahmad Yani Mega Mal yang memutar di?depan eks SPBU OSO ke arah Bundaran Untan," Kepala Dishub Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi, di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, buka tutup jalan untuk jalur putaran kendaraan memang biasa dilakukan, apalagi jalur Jalan Ahmad Yani merupakan akses vital kota, sehingga pada jam-jam tertentu kendaraan sangat padat.

"Dibukanya kembali jalur pemutaran kendaraan itu hanya diperuntukkan bagi kendaraan dari arah Mega Mal ke Bundaran Untan, tidak untuk arah sebaliknya," ungkapnya.

Selain itu, menurut Utin pihaknya akan menutup jalur putaran kendaraan di depan Jalan Siam dan Jalan Barito guna memperlancar arus kendaraan di Jalan Tanjungpura.

"Kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait atau Balai Jalan untuk menutup?jalur putaran kendaraan di Jalan Tanjungpura tersebut," katanya.

Menurut dia, penutupan jalur putaran kendaraan tersebut, karena berada persis di depan "mulut" jalan, sehingga sering disalahgunakan pengendara kendaraan bermotor yang keluar dari jalan itu dengan mengambil jalan pintas tersebut.

"Perilaku macam itulah yang sering membuat terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu juga mengganggu kenyamanan pengendara lain," kata Utin.

(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017