Sukadana (Antara Kalbar) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara Agus Rudi Suandi mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca buruk saat ini  yang  sangat berpotensi banjir.
    Menurutnya, intensitas  hujan yang cukup tinggi ditambah banjir rob yang melanda wilayah sebagian pesisir pantai di  Kayong Utara saat ini bisa menyebabkan banjir seperti yang terjadi tahun 2016 lalu.
    "Ia kejadian banjir kemarin menjadi pelajaran kita,  makanya saya pernah sampaikan  bagaimana aliran parit yang ada kalau bisa dibersihkan, jangan sampai aliran air menjadi terhambat," ujar Agus Rudi Suandi.
    Selain itu,  ia juga dirinya  mengimbau kepada para nelayan dan penyedia jasa angkutan air untuk dapat mengutamakan keselamatan  ketika hendak berlayar. "Cuaca saat ini dan kondisi laut saat ini sangat sulit di prediksi," kata dia.
    Khusus untuk perusahaan jasa angkutan di laut, dirinya mengimbau  kepada perusahaan tersebut agar menyediakan jaket penyelamat kepada para penumpang ketika  melakukan pelayaran
    "Yang terpenting membawa alat yang aman,  karena keadaan cuaca dan alam seperti ini diluar kemampuan kita,  sehingga kita memang harus mempersiapkan diri," tambahnya.


Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017