Pontianak (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengharapkan Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) dengan Lembaga Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten/Kota se-Kalbar dapat menjangkau daerah pedalaman, untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat disana.

"Kita harapkan, BKKKS dan LKKS kabupaten/kota se-Kalbar dapat membantu pemerintah Provinsi Kalbar dalam mengatasi permasalahan kemiskinan dan ketelantaran, sehingga upaya yang telah dilakukan maksimal," kata Cornelis di Pontianak, Selasa.

Menurutnya, dengan luas Kalimantan Barat yang hampir satu setengah kali pulau Jawa sehingga diharapkan Pelayanan BKKKS bisa menjangkau sampai pedalaman, tanpa memandang latar belakang apapun termasuk SARA.

"Kita harapkan, dua lembaga ini bisa berpedoman kepada dasar negara yaitu Pancasila dan UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam menjalankan program kerjanya," tuturnya.

Cornelis menjelaskan, BKKKS merupakan wadah yang dibentuk untuk bermitra dengan pemerintah dalam menggalang potensi pilar sosial yang didalamnya organisasi sosial yang menyelenggarakan kesejahteraan sosial yang dibentuk masyarakat yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum.

Terkait hal itu, katanya, jajaran LKKS dan BKKKS harus memahami tugas dan fungsinya. Setiap anggota yang sudah berkecimpung di organisasi ini tolong dengan sungguh-sungguh dengan serius membantu pemerintah.

"Sehingga keberadaan BKKKS diharapkannya bisa berkontribusi dalam penanganan masalah sosial di Kalbar melalui pelatihan keterampilan, pelatihan kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial," katanya.

(KR-RDO/B008) 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017