Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Bulog Divisi Regional Kalbar, Sabbarudin Amrullah menyatakan stok beras di gudang aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kalbar hingga 3,6 bulan mendatang.

"Untuk stok beras tidak perlu khawatir. Apalagi saat ini harga beras di pasaran masih stabil. Kami pastikan stok aman," ujar Sabbarudin di Pontianak, Senin.

Ia menyebutkan stok beras didatangkan dari beberapa daerah di Pulau Jawa dan Sulawesi.

"Dari petani Kalbar tentu juga kita serap. Namun kekurangan stok kita datangkan dari luar Kalbar," jelas dia.

Ia mengatakan Bulog bertugas menjamin stok komoditas strategis seperti beras cukup dan harganya harus terjaga dan dapat dijangkau masyarakat Kalbar. Untuk hal itu satu di antara langkah yang ditempuh adalah menggelar pasar murah.

"Sejak Januari 2017 hingga saat ini, sudah ada sekitar 240 ton beras yang dilepas melalui pasar murah. Termasuk hari ini kami menjual melalui pasar murah di Pasar Flamboyan Pontianak. Untuk beras medium dijual hanya Rp8.100 per kilogramnya," kata dia.

Sementara untuk kebutuhan strategis lainnya seperti gula saat ini dikatakanya, stoknya juga melimpah.

"Stok gula ada 2.800 ton. Harga jual gula di pengecer Rp11.350 per kilogram. Untuk minyak makan dan daging beku, kami juga menyiapkan pasokannya. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir soal stok untuk beberapa bulan ke depan," kata dia.

(U.KR-DDI/A039)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017