Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Kantor SAR (pencarian dan pertolongan) Pontianak, Provinsi Kalbar, menggelar apel kesiapsiagaan personil dan alat pendukung pelaksanaan Operasi SAR sepanjang Perayaan Natal dan Tahun Baru di Kalbar.

"Hari ini kami menggelar apel dalam rangka siaga khusus sepanjang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, sebagai antisipasi untuk melakukan operasi rescue bagi masyarakat yang membutuhkannya," kata Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, Operasi Khusus SAR tersebut, bertujuan untuk memberikan pelayanan SAR bagi masyarakat yang hendak bepergian merayakan Natal dan Tahun Baru 2018.

Hery menambahkan, pihaknya dalam operasi tersebut fokus pada pengamanan jalur transportasi dan tempat-tempat keramaian seperti pantai, danau dan lainnya yang dapat mengancam keselamatan masyarakat.

"Pada siaga khusus Natal dan Tahun Baru 2018, kami memfokuskan pengamanan pada jalur-jalur yang akan dilewati bagi masyarakat saat hendak bepergian, baik itu transportasi darat, air maupun udara dan lainnya," katanya.

Selain itu, Kantor SAR Pontianak juga menyiagakan personil di setiap posko terpadu yang ada kerja sama dengan instansi terkait lainnya.

"Kami juga menyiagakan personil serta alat di posko-posko terpadu yang terdapat konsentrasi peningkatan masyarakat lebih tinggi seperti terminal, pelabuhan dan Bandara, juga Jalur-jalur yang rawan akan terjadinya Kecelakaan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor SAR Pontianak mengimbau, kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan keselamatan diri saat bepergian agar selamat hingga tujuan.

Sementara, bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi air, sebaiknya lebih memperhatikan kondisi cuaca, dan apabila tidak memungkinkan sebaiknya menunda keberangkatan dan jangan memaksakan diri.

Siaga khusus Natal dan Tahun Baru 2018, tersebut dilaksanakan dari tanggal 20 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

(T.A057/T011)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017