Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Kasi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang Helmi Aswandi mengatakan, saat ini harga udang putih di Pasar Beringin Kota Singkawang mencapai Rp60.000 per kilogram atau mengalami kenaikan.

"Sebelumnya dijual seharga Rp50.000 per kilogram, tapi sekarang sudah dijual seharga Rp60 ribu per kilogram," kata Helmi, di Singkawang, Rabu.

Tak hanya udang putih yang mahal, katanya pula, ikan tongkol hitam juga dijual dengan harga tinggi yakni seharga Rp35 ribu per kilogram.

"Sebelumnya masih Rp30 ribu per kilogram, tapi sekarang naik menjadi Rp35 ribu per kilogram," ujarnya.

Tingginya harga udang dan ikan di pasaran disebabkan pengaruh cuaca ekstrem yang terjadi sekarang ini, sehingga ikan kembung juga dirasakan ikut naik harganya menjadi Rp35 ribu per kilogram.

Sementara untuk komoditas lainnya, seperti cabai rawit, bawang merah dan bawang putih sampai saat ini masih terbilang normal.

Harga cabai rawit jenis cakra, kata dia, dijual pada kisaran antara Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

Sedangkan bawang merah dijual kisaran harga antara Rp24 ribu hingga Rp25 ribu per kilogram. Kemudian, bawang putih dijual seharga Rp20 ribu per kilogram.

Sementara daging ayam dijual seharga Rp38 ribu per kilogram.

Menurutnya, harga ini masih sama dengan minggu lalu (sebelum Natal 2017).

Daging sapi, menurutnya, masih tetap stabil harganya yakni masih bertahan Rp120 ribu per kilogram.

(U.KR-RDO/B014)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017