Putussibau (Antaranews Kalbar) - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan program keluarga berencana (KB) merupakan wujud nyata nawacita Presiden Joko Widodo dalam membangun desa dari pinggiran.

"Saya minta kampung KB dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan sungguh - sungguh di semua lini," kata Nasir saat membuka pencanangan kampung KB di Desa Pengkadan Hilir, Kecamatan Pengkadan, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Rabu.

Menurut Nasir, program KB tidak hanya mengatur jarak kelahiran saja, namun program itu lebih mengarah kepada peningkatan kesejahteraan keluarga secara nasional, sebab kepadatan penduduk kita sudah masuk level yang mengkhawatirkan.

Dikatakan dia, walaupun jumlah penduduk di Kapuas Hulu masih belum padat atau rata - rata dihuni oleh delapan jiwa per - satu kilometer persegi, bukan berarti kita tidak perlu ikut program KB.

" Banyak manfaat jika sebuah keluarga ikut program KB, salah satunya meningkatkan indeks pembangunan manusia, juga ikut menurunkan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan," jelas Nasir.

Dirinya berharap, agar semua pihak mendukung pencanangan kampung KB, terutama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kapuas Hulu hingga ke perangkat desa.

Tidak hanya itu, Nasir juga berpesan kepada generasi muda untuk tidak melakukan pernikahan dini, menghindari seks bebas dan menjauhi narkoba.



Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017