Putussibau  (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 282 orang Panitia Pengawas Pemilih Kelurahan/Desa resmi dilantik untuk mengawasi Pemilu 2018 serentak, yang tersebar di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Satu desa/kelurahan masing-masing satu orang pengawas pemilu dan sudah kami lantik di masing-masing kecamatan oleh Panwascam," kata Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kapuas Hulu, Musta`an ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu, Jumat.

Ia menjelaskan Panitia pengawas pemilihan kelurahan/desa itu dibekali dengan bimbingan teknis, sehingga mereka (pengawas) mengetahui tugas,kewenangan dan kewajibannya.

Menurut Musta`an, tugas pertama para pengawas ditingkat kelurahan dan desa tersebut yaitu mengawal proses pencocokan dan penelitian (coklit) dalam tahapan pemutakhiran data pemilih oleh Komisi Pemilihan Umum.

"Tugas pertama mereka itu mengawal dan mengawasi proses Coklit yang dilaksanakan oleh petugas KPU dari rumah kerumah warga di Kapuas Hulu," jelas Musta`an.

Dia mengatakan, Panwaslu telah berkomitmen untuk mengawasi tahapan demi tahapan pelaksanaan Pemilu, termasuk Coklit.

" Kami akan terus melakukan pengawasan dan memastikan masyarakat terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu, sesuai ketentuan yang berlaku," tegas Musta`an.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan agar petugas pengawas Pemilu hingga ke tingkat kelurahan dan desa dapat benar - benar melaksanakan tugas sesuai kewenangannya.

(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018