Pontianak (Antaranews Kalbar) - PLN wilayah Kalbar secara resmi mengoperasikan Gardu Induk (GI) 150 kV Tayan dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Siantan-Tayan Sirkit 1 serta PLTD tersebar 21 MW.

"Dengan beroperasinya GI Tayan dan SUTT Siantan-Tayan maka keandalan dan pasokan listrik PLN untuk masyarakat dapat menjadi lebih baik," ujar GM PLN UIP Kalimantan Bagian Barat, Rachmad Lubis saat dihubungi di Sanggau, Rabu.

Ia menjelaskan dengan peresmian yang ada persoalan pemadaman di wilayah Sanggau diharapkan tidak lagi terjadi, kecuali adanya masalah gangguan pada jaringan distribusi seperti adanya gangguan tali kawat layang-layang.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi semua tim dan dukungan masyarakat selama proses pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini karena proses menuju energize ini cukup panjang. Terlebih mengingat banyaknya kendala yang dihadapi tim di lapangan seperti permasalahan sosial, kendala dalam pembebasan lahan, dan faktor curah hujan yang tinggi selama pembangunan," jelas dia.

Ia memaparkan SUTT 150 kV Siantan-Tayan memiliki 302 tapak tower yang melintasi empat kota/kabupaten di Kalimantan Barat, yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, dan Kota Pontianak. Saat ini, SUTT ini telah dapat beroperasi sepanjang 103 kms.

"GI 150 kV Tayan sendiri memiliki kapasitas 30 MVA dengan beban puncak maksimal 3 MW. Dengan daya tersebut, PLN dapat menyuplai listrik untuk sekitar 9.000 pelanggan PLN di sekitar Sanggau," jelas dia.

Selain itu PLN juga meresmikan PLTD tersebar, laporan GM PLN Wilayah Kalbar Richard Safkaur mengatakan untuk memperkuat daerah isolated pihaknya meresmikan PLTD untuk menyuplai daya dengan total 21 MW atau setara dengan melayani 16.000 pelanggan.

"Dengan penambahan mesin pembangkit ini, pasokan listrik di 3 kabupaten yakni Sanggau, Kapuas Hulu dan Kayong Utara dapat lebih handal. Dari sisi teknis ini akan meningkatkan kualitas tegangan yang diterima oleh pelanggan," kata Richard.

Sementara itu Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot dalam mengatakan pihaknya bersyukur karena impian masyarakat Kabupaten Sanggau telah di wujudkan.

"Impian masyarakat Sanggau kami wujudkan melalui program strategis kami yakni dengan Program Sanggau Terang, dengan diresmikan GI dan PLTD tersebar ini menandakan bersinerginya program kami dengan PLN juga impian masyarakat. Kami berterima kasih dan bersyukur, semoga PLN terus menerangi hingga pelosok negeri." Kata Yohaness.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018