Pontianak (Antaranews Kalbar) - Panitia Hari Besar Islam Kota Singkawang menggelar berbagai lomba dalam menyemarakan Maulud Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriyah.

Semarak maulud yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Singkawang ini berlangsung 29-31 Januari 2018 di halaman Mess Daerah Kota Singkawang. Pembukaannya ditandai dengan pemukulan tahar.

"Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW 1439 H," kata Ketua PHBI Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Ruslan Karim, Selasa.

Pria yang akrab disapa Haji Bol ini mengatakan, berbagai lomba akan dipertandingkan dalam gelaran ini diantaranya qasidah tingkat dewasa dan busana muslim syar`i se-Kota Singkawang.

"Untuk kategori qasidah diikuti oleh kelompok qasidah dari Singkawang, Bengkayang dan Sambas (Singbebas). Semoga kegiatan ini mendapat respon yang positif khususnya dari muslimin dan muslimat Kota Singkawang," ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Singkawang, H Irwan mengatakan, penyelenggaraan lomba qasidah yang dilaksanakan oleh PHBI Kota Singkawang selain sebagai sarana pengembangan siaran tamadun islam atau seni budaya islam di Kota Singkawang, juga untuk menggali potensi yang ada di masyarakat.

"Kita patut bersyukur hampir setiap tahun kegiatan yang dilaksanakan PHBI Kota Singkawang ini mendapat respon yang baik dari masyarakat," katanya.

Irwan menyakini, kegiatan seni budaya ini akan dapat menebarkan kedamaian dan kerukunan di tengah kehidupan masyarakat.

"Saya meminta kepada seluruh komponen umat beragama untuk menebarkan kedamaian, karena dengan kedamaian akan membawa kebahagiaan," ujarnya

Irwan juga mengajak untuk menyatukan langkah dan mengambil makna dari sejarah kehidupan Nabi Muhammad, baik sejarah kehidupan pribadi maupun sejarah perjuangannya di dalam menegakkan risalah islam.

Acara itu berlangsung meriah dengan adanya penampilan kelompok Hadrah dari Pondok Pesantren Hidayatur Ruhama dari Kelurahan Roban dan marcing band dari Taman Kanak-Kanak Al Ikhlas Singkawang.





(U.KR-RDO/S023)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018