Singkawang (Antaranews Kalbar) - Kepala Dinas Perhubungan Singkawang Sumastro mengatakan, semua program pemerintah termasuk dalam sistem "gate Parking" khususnya di Pasar Alianyang adalah semata-mata untuk kemajuan Kota Singkawang.

"Untuk itu saya mengharapkan kerjasama dari masyarakat dan semua pihak," kata Sumastro, Minggu.

Terkait dengan pelaksanaan sistem Gate Parking, katanya, sesuai kesepakatan bersama antara Pemkot dan warga yang tinggal di Pasar Ikan Alianyang Singkawang, sementara ini baru diberlakukan untuk kawasan Pasar Semi Modern Alianyang.

"Sedangkan untuk kawasan Pasar Ikan Alianyang akan dioperasikan setelah dilakukan beberapa pembenahan oleh pihak operator," ujarnya.

Dimana, pihak operator Parking Gate akan menyediakan kartu free parking kepada masyarakat khususnya yang tinggal di Pasar Alianyang.

"Sehingga masyarakat dapat mendaftarkan berapapun kendaraan yang dimiliki, kemudian jika mengadakan acara di kediamannya segera melapor ke operator untuk free parking kepada tamu acara," ujarnya.

Pada prinsipnya, jelas Mastro, warga yang berdomisili di sekitar Pasar Ikan Alianyang Singkawang setuju dengan penerapan sistem Gate Parking setelah dimusyawarahkan di Mapolres Singkawang, Sabtu (3/2) kemarin.

Sementara Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat mengatakan, bahwa masyarakat yang tinggal di lokasi Pasar Ikan Alianyang Singkawang setuju diterapkannya sistem Gate Parking.?

"Kesepakatan ini mereka nyatakan setelah Polres Singkawang menggelar pertemuan dengan warga sebanyak 38 orang yang tinggal di Komplek Pasar Ikan Alianyang terkait dengan rencana pemberlakuan sistem Gate Parking tersebut," kata Yuri.

Dalam pertemuan itu juga, dihadiri Kadis Perhubungan Kota Singkawang, Kadis Perdagangan Kota Singkawang, Kasat Pol PP Kota Singkawang/perwakilan, Kapolsek Singkawang Tengah, Bhabinkamtibmas Kelurahan Jawa, dan masyarakat yang tinggal di Lokasi Pasar Ikan Alianyang.

Dia mengatakan pemberlakuan sistem Gate Parking yang terletak di Pasar Ikan Alianyang akan dilakukan apabila alat parkir sudah dipindah ke tempat yang disepakati serta pendataan kendaraan yang digratiskan khusus kepada warga yang tinggal di komplek Pasar Alianyang selesai.

"Kita dari kepolisian telah memberikan solusi untuk memindahkan sistem Gate Parking itu di lahan milik pemerintah yakni di dalam pasar. Sedangkan di pintu masuk Pasar Alianyang akan ditetapkan menjadi Mobile Parking," ujarnya.

 (KR-RDO/H005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018