Singkawang (Antaranews Kalbar) - Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2569, Satuan Lantas Polres Singkawang, Kota Singkawang, mengingatkan para pengguna kendaraan bermotor untuk selalu menaati aturan berlalu lintas agar terwujud keamanan keselamatan ketertiban kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) di jalan.

"Hal ini penting kita ingatkan agar masyarakat selaku pengguna jalan tidak ada yang menjadi pelaku pelanggaran, kecelakaan dan korban kecelakaan lalu lintas," kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Singkawang, IPDA Jamian, di Singkawang, Selasa.

Terlebih ancaman kecelakaan lalu lintas bisa saja menimpa setiap saat kepada para pengguna jalan kalau tidak menaati aturan berlalu lintas.

Apalagi menjelang perayaan Imlek, katanya, sudah dipastikan aktivitas masyarakat akan meningkat dan mobilitas penggunaan kendaraan bermotor di jalan akan lebih ramai dari hari biasanya.

"Kebiasaan buruk saat berkendaraan yang tidak mengutamakan keselamatan diri dan pengguna jalan seperti ngebut, menggunakan HP/Gatget, menerobos lampu merah, melawan arus, dan tidak menggunakan helm SNI saat mengemudikan sepeda motor sebaiknya di hilangkan," pesannya.

Dia juga mengatakan, apalagi cuaca beberapa hari ini yang selalu tidak bersahabat (hujan), telah mengakibatkan jalanan menjadi licin dan beberapa lokasi jalan rusak dan tergenang air, diingatkan kepada pengendara agar selalu berhati-hati dan tidak ngebut.

"Pengguna jalan saya sarankan kemudikan kendaraan dengan baik dan laik jalan. Banyak sekali terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh faktor cuaca yang tidak mendukung," katanya.

Kemudian, lanjutnya, bagi ban kendaraan yang sudah gundul (botak) jangan lagi digunakan sebab saat mengerem di jalan yang licin maka sangat rawan terjadinya kecelakaan.

"Bagi bannya yang sudah gundul (botak) jangan lagi digunakan sebab saat mengerem di jalan yang licin maka sangat rawan terjadinya kecelakaan," katanya.

Dan untuk meningkatkan kehati-hatian pengguna jalan para pengendara sepeda motor wajib menyalakan lampu utama baik pada siang maupun malam hari.





(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018