Singkawang (Antaranews Kalbar) - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie telah mengusulkan tiga nama calon Plt Sekretaris Daerah Singkawang, menyusul pendaftaran sebagai calon Bupati yang dilakukan Syech Bandar di KPU Kabupaten Mempawah.

"Jadi ada tiga nama yang sudah saya usulkan kepada Penjabat Gubernur, jadi sabar dan tunggu saja keputusan dari Penjabat Gubernur karena untuk menentukan itu harus ada proses," kata Tjhai Chui Mie, Kamis.

Diusulkannya calon Plt Sekda Singkawang ke Pj Gubernur bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, karena dengan sudah ditetapkannya Syech Bandar sebagai calon Bupati Mempawah oleh KPU nanti, tentu akan terjadi kekosongan pada jabatan tersebut.

"Jadi untuk mengoptimalkan pelayanan maka kita siapkan orang untuk mengisi kekosongan tersebut, sehingga diusulkanlah tiga nama calon Plt Sekda Singkawang ke Pj Gubernur Kalbar," ujarnya.

Tjhai Chui Mie menyebutkan, siapapun Plt Sekda Singkawang nantinya, yang bersangkutan harus bisa bekerja sesuai dengan ritme pimpinannya.

"Intinya yang bersangkutan bisa bekerja dan bekerja dan harus bisa mengikuti ritme pimpinannya," ujarnya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Singkawang, Sujianto mengatakan, majunya Syech Bandar sebagai calon Bupati Mempawah merupakan hal yang wajar.

"Sebagai warga negara Indonesia, kita boleh mencalonkan dan dicalonkan, sebagaimana yang telah dilakukan Syech Bandar," katanya.

Tapi, sebelum ditetapkan sebagai calon, Syech Bandar selaku Sekretaris Daerah Singkawang masih berkewajiban untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Singkawang.

"Jika sudah ditetapkan, maka akan ada aturan yang harus diikuti, salah satunya bersedia untuk mengundurkan diri dari jabatan," ujarnya.

Kemudian, katanya, Pemkot Singkawang diharapkan segera mengisi kekosongan jabatan tersebut guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat Singkawang.

Salah satu PNS di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang, Putra berharap, Plt Sekda Singkawang yang diusulkan merupakan calon yang terbaik dan sesuai dengan harapan masyarakat.

"Serta dapat menjadi teladan bagi kami Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mampu berkomunikasi yang baik, baik kepada kepala daerah maupun kepada seluruh pejabat yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang," katanya.

Menurutnya, jabatan Plt Sekda ini merupakan jabatan tertinggi bagi seorang ASN. Jadi mudah-mudahan masyarakat dapat melihat siapa pun bisa menjadi Sekda selama memiliki kapasitas dan kualitas yang baik.

Kemudian, diharapkan punya kedisiplinan yang tinggi, sehingga bisa memberikan contoh yang baik bagi ASN lainnya.

 (KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018