Pontianak (Antaranews Kalbar) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pontianak, Widodo mengimbau semua warga di kota setempat untuk menjaga lahan mereka agar tidak mudah terbakar di musim kemarau saat ini.

"Terutama lahan di kawasan ujung Jalan Sepakat II, Kecamatan Pontianak Tenggara, dan kawasan Kecamatan Pontianak Utara yang rawan terbakar saat musim kemarau," kata Widodo di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, pinggiran Kota Pontianak memang banyak lahan gambut sehingga mudah terbakar saat musim kemarau, sehingga perlu menjadi perhatian semua pihak.

"Sebenarnya kebakaran lahan di Kota Pontianak masih bisa diatasi, tetapi ketika terjadi di luar maka potensinya bisa lebih luas karena lahan gambutnya juga luas," ungkapnya.

Widodo meyakini penanganan dan prasarana penanggulangan bencana kebakaran lahan di Kota Pontianak jauh lebih baik, sehingga bisa meminimalisasi kebakaran lahan.

Dalam kesempatan itu, Widodo meminta BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Pontianak, agar bergerak cepat melakukan penanggulangan bencana kebakaran lahan.

"Apalagi Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan pesan untuk menjaga Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan. Selain itu, rapat kerja dengan seluruh BPBD juga telah digelar, sehingga lebih siap menghadapi kebakaran lahan tahun ini," katanya.

Ia menambahkan, kebakaran hutan dan lahan merupakan kejadian tahunan, sehingga sudah semestinya pencegahan dan persiapan lebih baik dari tahun ke tahun.

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018