Sekadau (Antaranews Kalbar) - Bupati Sekadau Rupinus didampingi ketua Tim Penggerak PKK Ny Kristina Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius didampingi Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Sekadau Ny Vixtima Heri Supriyanti ikut merayakan malam Imlek 2569 dengan warga Tionghoa Sungai Ayak.
    Hadir mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Sekadau dalam perayaan malamn tahun baru di Sei Ayak Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan, Direktur PDAM, Kabag Hukum, Kabag Rumah Tangga Tata Usaha dan Kepegawaian yang juga Plt Kabag Humas dan Protokol, dan Camat, Kapolsek dan Danramil Belitang Hilir serta tokoh masyarakat Sungai Ayak.
    Ratusan masyarakat di Kecamatan Belitang ikut hadir menyaksikan perayaan malam Imlek tersebut. Bahkan bukan hanya warga Tionghoa saja yang hadir, dari etnis lain juga turut hadir meramaikan perayaan malam tahun baru Imlek.
    Meski pun malam itu hari hujan, tapi tidak menyurutkan semangat/animo masyarakat untuk menyaksikan perayaan malam tahun baru di Sei Ayak yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun ini.
    Rupinus dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Sekadau menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada panitia dan seluruh masyarakat Belitang Hilir terutama secara khusus kepada warga Tionghoa yang telah melaksanakan kegiatan malam perayaan tahun baru Imlek 2569 tahun 2018 ini dengan sebaik-baiknya.
    "Kehadiran saya dan kepala SKPD di Sei Ayak ini menunjukan bahwa kami cinta dengan masyarakat terutama dengan saudara saya yang merayakan tahun baru Imlek. Sungai Ayak ini adalah Hongkongnya Sekadau, kita lihat sendiri suasana perayaan malam tahun baru Imlek 2569 ini terasa semarak dengan terpasangnya lampion-lampion dan lampu warna-warni di rumah-rumah warga," ucapnya.
    Dikatakan Bupati Rupinus, tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi warga Tionghoa. "Pihak pemerintah menyambut baik kegiatan ini, kegiatan ini juga dalam rangka melestarikan budaya dan menjalin hubungan silahturahmi," ujarnya.
    Ia menambahkan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sekadau dan atas nama pribadi serta keluarga mengucapkan mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2569 kepada seluruh warga Tionghoa di Sekadau yang merayakannya.
    Sementara itu Ketua Panitia Imlek 2569 Jumadi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang menurutnya telah peduli dan memberikan partisipasi aktif pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang akan menyusul dua pekan berikutnya.
    "Kita mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sekadau yang begitu peduli terhadap kebudayaan Tionghoa di Kabupaten Sekadau," ujarnya. Pembukaan malam perayaan tahun baru di Sei Ayak oleh bupati diandai dengan pemukulan lonceng vihara dan penyulutan kembang api.

Pewarta: Gansi/Hartono

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018