Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kodam XII Tanjungpura mendukung program pemerintah wujudkan ketahanan pangan di Kalbar, dan Indonesia umumnya, kata Waaster Kasdam XII Tanjungpura, Letnan Kolonel (Infantri) I Made Maha Parta.

"Pada prinsipnya prajurit TNI Kodam XII Tanjungpura khususnya yang berada di wilayah Kalbar mulai dari unsur pimpinan sampai pada tingkat komando kewilayahan, seperti Kodim, Koramil sampai ketingkat Babinsa sangat mendukung penuh adanya program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian melalui program percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) Upsus padi, jagung dan kedelai (Pajale)," kata I Made Maha Parta di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, dalam hal tersebut, pihaknya tetap akan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam usaha percepatan LTT Upsus Pajale itu, sehingga tercipta ketahanan pangan yang kuat bagi wilayah Kalbar maupun ketahanan pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi sebuah bangsa termasuk bangsa Indonesia. Sebagai salah satu kebutuhan yang sangat mendasar, maka Kodam XII/TPR selalu mendukung berbagai upaya yang telah diprogramkan dan dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan daerah.

"Tentu dalam upaya itu, kami di lapangan menghadapi berbagai kendala. Hal itu diantaranya tantangan budaya bercocok tanam masyarakat yang selalu membuka ladang secara berpindah-pindah kemudian situasi alam yang tidak menentu, kondisi tanah dan lahan, serta dukungan peralatan pertanian dan lain-lain," ungkapnya.

Walaupun berbagai kendala harus dihadapi, namun ia meyakinkan bahwa pencapaian hasil atau target yang diinginkan dari pertanian pangan itu dapat tercapai.

"Saya yakin dengan segala daya dan upaya yang kami lakukan dan bekerjasama dengan pihak instansi dan aparat terkait semua kendala bisa atasi, sehingga ketahanan pangan yang ditargetkan Kementerian Pertanian dapat dicapai," katanya.


Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018