Putussibau (Antaranews Kalbar) - Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono dengan tegas memerintahkan jajaran Polres Kapuas Hulu untuk menertibkan aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Iain (PETI) yang ada di wilayah Kapuas Hulu.

"Jangan ragu menindak aktivitas PETI, jika memang kekurangan anggota saya siap menurunkan anggota Polda ke Kapuas Hulu," tegas Didi, di Aula Polres Kapuas Hulu, Sabtu.

Dikatakan Didi, aktivitas PETI harus dilakukan penindakan hukum secara tegas dan terukur, karena aktivitas PETI merusak lingkungan dan mencermati sungai.

Ia meminta agar jajaran kepolisian dikerahkan untuk menyelidiki aktivitas PETI serta membuat rencana yang matang untuk mengungkap dan penindakan.

"Penindakan bisa di lokasi, di tempat pemodal dan penampung, kalau butuh anggota tambahan dari Polda, kita bisa membantu, kita punya banyak anggota," kata Didi.

Selain menyoroti persoalan PETI di Kapuas Hulu, selaku Kapolda, Didi juga menekankan agar jangan sampai ada anggota Polri di Kalbar yang terlibat Narkotika.

Disampaikan Didi, Kapuas Hulu merupakan daerah yang berbatasan dengan negara tetangga, bisa saja Kapuas Hulu sebagai pintu masuk narkoba.

"Jangan main - main dengan Narkoba, jaga nama baik satuan jika ada informasi masuknya narkoba, tangkap dan ungkap," pinta Didi dengan tegas.



 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018