Pontianak, (Antaranews Kalbar) - Korem 121/ABW, meluncurkan program Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan (Petasan) di Kalbar dan di antaranya hadir di Kabupaten Sambas dalam rangka untuk peningkatan pendidikan daerah tersebut.

"Kita telah meluncurkan program Petasan. Kita di samping menjaga wilayah perbatasan di Kalbar melalui program tersebut juga tergerak untuk membantu meningkatkan pendidikan masyarakat di wilayah perbatasan," ujar Komandan Korem (Danrem) 121/ABW, Brigjen TNI Bambang Ismawan saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Bambang menjelaskan di tahap awal pihaknya baru masuk ke 20 sekolah dasar yang ada di sepanjang perbatasan di Kalbar.

"Tentu masih banyak sekolah di perbatasan yang perlu sentuhan dan partisipasi kita semua," sebutnya.

Baca juga: Prajurit TNI Penjaga Perbatasan Mengajar di Sejumlah Sekolah

Ia memaparakan bentuk pelaksanaan dari Petasan di antaranya dengan melakukan renovasi terhadap gedung sekolah yang kurang layak.

"Selain itu, melalui Bintara yang bertugas di perbatasan akan turut dilibatkan dalam proses mengajar anak-anak diperbatasan dengan kata lain menjadi guru di sejumlah sekolah yang kekurangan tenaga pendidik," ucapnya.

Menurutnya membangun negeri dari pinggiran merupakan salah satu nawacita dari Presiden Joko Widodo dan pihaknya untuk itu hadir melalui Petasan tersebut.

Baca juga: Dandim Putussibau : Babinsa Bantu Pendidikan Bela Negara

"Kami berharap apa yang dilakukan bisa membantu apa yang diinginkan oleh pemerintah memberikan pendidikan kepada anak bangsa," jelasnya.

Ke depan pihak akan terus melakukan inovasi dan pengabdian dalam rangka memajukan daerah, bangsa dan negara.

"Semua memiliki tugas memajukan bangsa ini dan tentu sesaui dengan kapasitas masing - masing," kata dia.



   


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018