Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ketua DPD KNPI Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Nugra Irianta Denashurya menilai keterlibatan pemuda dalam membangun Sambas sangat penting karena pemuda memiliki semangat perubahan yang tinggi.

"Pemuda merupakan generasi penerus bangsa maka pemuda meski mengetahui setiap pembangunan dan terlibat untuk melakukan perubahan daerah," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Terhadap tujuan pemerintah Kabupaten Sambas untuk mewujudkan masyarakat yang berakhlakul karimah, pemuda harus andil besar dan pemerintah terus menggalakkan aksi nyatanya.

"Kembali saya menilai kunci keberhasilan jangka panjang program Sambas yang berakhlakul karimah adalah keterlibatan pemuda di dalam setiap program kerja pemerintah" katanya.

Pada sisi lain katanya pemuda merupakan kelompok yang sangat rentan dengan sasaran kejahatan - kejahatan yang tentu berdampak kepada pertumbuhan dari pemuda itu sendiri.

"Program ahlakul karimah ini lebih cocok apabila di titik beratkan kepada pembangunan mental yang baik, terutama dalam sisi keagamaan kepada pemuda yang ada di Kabupaten Sambas," saranny.

Dalam hal itu ia berharap pemerintah juga di menyiapkan wadah positif bagi pemuda untuk berorganisasi, beraksi dan berkreasi.

"Melalui wadah pemuda diharapkan akan disibukan dalam melakukan aktivitas yang positif. Dengan hal itu juga pemuda bisa meninggalkan kegiatan yang bersifat merusak atau negatif. Saya sebagai pemuda memahami betul faktor bosan dan tidak ada kegiatan positif membuat pemuda lebih mudah dimasuki hal-hal negatif, salah satunya bersumber dari keterbukaan informasi yg tidak dapat dielakkan dengan lanjunya perkembangan zaman saat ini," papar dia.

Ia menambahkan peranan keluarga juga dinilai salah satu kunci keberhasilan menanamkan ahlakul karimah kepada anak-anaknya.

"Peranan orang tua juga sangat penting untuk menanamkan akhlakul karimah yang baik kepada anaknya. Namun era sekarang kejahatan bisa masuk ke setiap anak melalui kemajuan teknologi yang terkadang susah untuk dipahami oleh orang tua," terangnya.

Sebagai organisasi yang mewadahi pemuda Nugra berkomitmen untuk membangun ahlak yang baik kepada pemuda di Kabupaten sambas.

"Saya tetap berkomitmen untuk menjaga akhlak pemuda Kabupaten Sambas. Hal itu juga tertuang dalam program kerja kami dari KNPI untuk pemuda. Saya mengimbau kepada pemuda di Kabupaten Sambas agar tidak menyia-nyiakan masa mudanya, karena masa mudah merupakan cerminan keberhasilan di hari tua," kata dia.




 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018