Sanggau (Antaranews Kalbar) - Sosok Kepala Unit (Kanit) Sabhara Polsek Tayan Hilir, Brigadir Kepala (Bripka) Toni Kuswoyo, dikenal sebagai abdi negara yang cukup religius oleh warga di wilayah berjulukan Bumi Hujan Emas tersebut.
    Sebelum dipindahtugaskan beberapa bulan lalu, pria ini merupakan Bhabinkamtibmas Desa Pedalaman, Tanjung Bunut dan Sebemban.
   Beberapa hari lalu, ia menyerahkan bantuan bahan bangunan kepada pengurus Surau Al-Jabar, yang terletak di Dusun Kawat, Desa Kawat. Sumbangan diterima Sukardi didampingi pengurus lainnya.
    Adapun bahan bangunan yang disumbangkan, antara lain beberapa batang kayu belian, pasir,  seng,  semen,  kloset, porselin dan triplek.
    Sumbangan ini, akan dipergunakan untuk pembuatan WC di Surau Al-Jabar tersebut.
    Menurut Toni Kuswoyo, sumbangan yang diserahkan itu dibelikan menggunakan uang tabungannya yang disisihkan dari gajinya.
    Berawal saat dirinya melaksanakan tugas patroli di wilayah dekat Surau Al-Jabar.  Saat itu, kebetulan memasuki waktu shalat, ia kemudian mampir ke Surau Al-Jabar.
    Sebelum wudhu, ia ingin ke WC terlebih dahulu untuk buang air kecil. Namun ternyata surau tersebut belum ada bangunan WC-nya. Berangkat dari itu, sepulangnya, Toni berniat dalam hati akan memberikan bantuan agar ada bangunan WC di Surau Al-Jabar.
    Maka dengan menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilannya, akhirnya mampu membeli bahan bangunan tersebut.
    "Ternyata di surau itu memang belum ada dan saya sempat bertanya dengan jamaah juga, mereka bilang memang belum ada. Sejak saat itu, saya berniat untuk sebisanya membantu, agar ada WC di surau itu. Dan alhamdulillah niat saya dikabulkan," ujar Toni.
    Menurut Toni, yang sangat menggugah dirinya agar berupaya memberikan sumbangan bahan bangunan WC itu, mengingat tak lama lagi bulan puasa. Tentunya akan ramai jemaah yang melaksanakan sholat tarawih di surau tersebut.
    "Memang secara nilainya tak seberapa. Tapi mudah- mudahan untuk membangun WC seadanya dulu. Dan akan berguna bagi jamaah surau Al-Jabar, apalagi nanti sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan," ujarnya ramah.
    Sementara, Sukardi pengurus Surau Al-Jabar mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bripka Toni Kuswoyo dan selanjutnya akan segera dilaksanakan pembangunan WC tersebut. "Kami sangat berterima kasih atas bantuan Om Toni ini. Mudah- mudahan ini akan menjadi amal jariyah bagi Om Toni dan keluarga," ujar dia.

 

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018