Kubu Raya (Antaranews Kalbar) - Sebagai Komandan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-101 Tahun Anggaran 2018, Komandan Kodim 1207/BS, Kolonel Inf Ulysses Sondang S.I.P, M.Hum telah melaporkan sekaligus menyerahkan hasil pelaksanaan TMMD tersebut dalam upacara penutupan di hamanam SD Negeri 05 Sungai Raya.

"Pelaksanaan TMMD ini telah kami laksanakan selama 30 hari dari tanggal 4 April sampai dengan 3 Mei 2018 di Dusun Sidomulyo Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya," kata Dandim 1207/BS, Kolonel Inf, Ulysses Sondang kepada media saat ditemui usai upacara penutupan TMMD, Rabu.

Ia mengatakan pelaksanaan TMMD tersebut dapat diselesaikan dengan lancar berkat terjalinnya kemanunggalan antara TNI/Polri dan masyarakat.

"Kami sudah menyelesaikan semua pekerjaan yang telah diprogramkan didalam TMMD ini. Yang paling menyenangkan waktu kemarin saya memeriksa kesiapan penutupan TMMD, ada masyarakat yang merasa kehilangan anak. Dimana anak yang dimaksud adalah anggota kami yang selama satu bulan ini menginap dirumah mereka setelah penutupan akan berpisah dengan mereka," kata Dandim 1207/BS ini.

Ia menambahkan, sejak 4 April hingga 3 Mei 2018 pelaksanaan TMMD itu telah telah mensasar beberapa keberhasilan. Adapun sasaran tersebut yaitu sasaran fisik pembangunan rabat beton jalan sepanjang 1.400 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan 15 centi meter. 

"Jalan itu merupakan jalan penghubung antara Dusun Sidomulyo Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya dengan Desa Rasau Jaya Umum Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya dengan hasil 100 persen," katanya.

Selain itu ujarnya lagi, ada sasaran tambahan yang telah dicapai yaitu penimbunan barem kiri kanan jalan sepanjang 1.4000 meter. Kemudian penanaman 1000 pohon, pengecatan mesjid Nurul Mustakin, perbaikan jalan yang dilewati pada saat pendistribusian materil ke sasaran TMMD, pembuatan pagar sekolah SD Negeri 05 Sungai Raya sepanjang 70 meter, pembuatan bak sampah 2 unit di SD Negeri 5 dan SMP Negeri 12  Sungai Raya dan pengecoran jalan SD Negeri 5 Sungai Raya sepanhang 25 meter lebar 2 meter dan tebal 15 centi meter.

Sementara itu lanjutnya untuk sasaran non fisik yang telah dilaksanakan berbagai penyuluhan yaitu penyuluhan penyakit DBD, KB-kesehatan, Kamtibmas, hukum, Karhutla, pemberdayaan masyarakat, ketahanan pangan, bela negara dan wisata matematika bela negara.

"Kami juga melaksanakan sasaran tambahan non fisik yaitu pengobatan umum kepada masyarakat, pelayanan pemasangan alat kontrasepsi KB, wawasan kebangsaan wisata bela negara, donor darah dan sunatan massal," katanya.‎ 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018