Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebanyak tiga ribu paket sembako murah dipersiapkan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, dalam pasar murah yang dilaksanakan di 6 lokasi.

    "Kita sediakan untuk masyarakat yang kurang mampu, dan jumlah ini akan kita sebar di enam titik di 6 kecamatan di Kayong Utara," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Kayong Utara, Nova Harpiana di Sukadana, Kayong Utara, Senin.

    Ia melanjutkan, paket sembako tersebut bernilai Rp75.000 dengan mendapatkan satu botol sirup, beras, gula, susu kental manis dan minyak goreng.

    Dikatakannya, untuk proses pembeliannya, dinas tidak mempersulit hanya cukup datang dan menukar dengan kupon yang tersedia di lokasi pasar murah, masyarakat dapat langsung membeli paket barang yang disediakan.

   "Jika dipersentasekan jumlah harganya dengan harga di pasaran, barang yang dijual di pasar murah jauh lebih murah Rp21.000 per paketnya," kata dia.

    Untuk jadwal pasar murah di masing-masing kecamatan sudah disampaikan dan diteruskan ke tiap desa.

    "Kami bersyukur dapat melaksanakan agenda rutin dinas ini, dan berharap dapat bermanfaat, dan bersyukur hari pertama pembukaan pasar murah sambutan dan antusias yang baik dari masyarakat menjadi penyemangat para tenaga yang melaksanakan kegiatan pasar murah ini," ujar Nova.

    Jadwal pasar murah yakni untuk Kecamatan Kepulauan Karimata tanggal 24 Mei, Kecamatan Telok Batang tanggal 28 Mei, Kecamatan Seponti 31 Mei, Kecamatan Pulau Maya 4 Juni, dan Kecamatan Simpang Hilir 8 Juni. Di Sukadana di Pasar Daerah Jalan Batu Daya 1.

    Sementara itu, menipisnya stok ikan dan ayam di Sukadana Kayong Utara membuat di beberapa lokasi pedagang terpaksa tidak berjualan.

    Nova Harpiana mengatakan, kebutuhan akan daging ayam dan ikan di Kayong Utara sejak satu bulan sebelum puasa mengalami peningkatan yang cukup tinggi karena tradisi masyarakat setempat yakni kirim doa atau biasa disebut "Bulan Ruah" yang memerlukan stok dalam jumlah besar.

    Stok ayam di beberapa peternak ayam mengalami penurunan yang seharusnya di produksi untuk bulan puasa ternyata sudah habis pada bulan sebelumnya.

    Untuk daging ayam, saat ini di tingkat pedagang terdapat variasi harga, mulai dari Rp30.000 sampai Rp33.000 per kilogram, sementara untuk daging sapi masih berkisar Rp140.000 per kilogram.

 

Pewarta: Abdul Khoir

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018