Pontianak  (Antaranews Kalbar) - PT Pertamina (Persero) wilayah Kalimantan menyediakan hadiah sebanyak dua liter BBM pertalite bagi masyarakat yang menyelesaikan bacaan Al-Quran sebanyak satu juz di SPBU-SPBU yang ditunjuk termasuk di Kalbar.

"Untuk di Kalbar ada enam SPBU yang menyediakan tempat khusus bagi masyarakat yang akan membaca Al-Quran sebanyak satu juz, dan setelah itu langsung kami berikan hadiah berupa dua liter BBM jenis pertalite secara gratis," kata Pjs Region Manager Communication and CSR Kalimantan, Pertamina MOR VI, Alicia Irzanova saat dihubungi di Balikpapan, Selasa.

Keenam SPBU tersebut, yakni SPBU no: 6178101 di Jalan Ahmad Yani; kemudian SPBU No: 6478105 di Jalan Tanjungpura; SPBU No: 6478112 di Jalan Gusti Hamzah Pontianak; SPBU No: 6478102 di Jalan Ahmad Yani; SPBU No: 6478203 di Jalan Khatulistiwa (Siantan); dan SPBU 6478112 Jalan Gusti Hamzah.

Ia menjelaskan, program "satu juz gratis dua liter" tersebut dilangsungkan di 40 SPBU yang tersebar di wilayah Kalimantan, termasuk di Kalbar, dan berlangsung mulai tanggal 20 Mei hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Tujuan diselenggarakannya program tersebut dalam rangka mendorong masyarakat untuk lebih membudayakan ibadah mengaji selama bulan Ramadhan. Selain itu, program ini juga diyakini dapat semakin memakmurkan mushala yang terdapat di SPBU yang akan memberikan nuansa tersendiri bagi pelanggan yang datang ke SPBU, katanya.

"Dalam pelaksanaannya kami menggandeng komunitas `One Day One Juz` yang bertugas sebagai pengawas, sehingga peserta yang ikut dapat lebih terpantau kualitas bacaannya, dengan menempatkan satu orang di tiap-tiap titik SPBU yang ditunjuk tadi," ungkapnya.

Menurut dia, keterlibatan "One Day One Juz" (ODOJ) merupakan hal baru yang diterapkan pada program ini. Harapannya dengan melibatkan komunitas yang memiliki banyak pengikut dan tersebar di berbagai penjuru daerah ini, program mengaji bersama pertalite dapat lebih dikenal dan diikuti oleh lebih banyak peserta.

"Program ini akan berlangsung mulai pukul 12.30 WIB hingga 15.00 WIB waktu setempat setiap harinya. Calon peserta cukup datang langsung ke SPBU dan mendaftarkan diri kepada pengawas di lapangan," katanya.

Pihaknya, menurut dia, bekerjasama dengan para pengusaha SPBU dalam menyiapkan Al-Quran guna kelancaran program ini. Para peserta yang telah mendaftar akan diberi kesempatan untuk mengaji di bawah pengawasan petugas dan setelah berhasil menyelesaikan satu juz, peserta akan langsung diarahkan untuk mengisi BBM pertalite sebanyak dua liter.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018