Putussibau (Antaranews Kalbar) - Pancasila sebagai kekuatan pemersatu setiap perbedaan masyarakat Indonesia harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, kata Dandim 1206 Putussibau, Kalimantan Barat Letkol Inf Muhammad Ibnu Subroto.

"Pancasila merupakan berkah sebagai pemersatu dalam perbedaan," kata dia ketika menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kodim 1206 Putussibau di Kapuas Hulu, Jumat.

Dia mengatakan Pancasila akan selalu mengalir dalam jiwa warga negara Indonesia dan akan selalu ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 Bahkan, kata dia, semangat persatuan dari Pancasila juga sebagai pilar kehidupan bangsa Indonesia.

"Perkuat kepedulian dan saling berbagi, apalagi Hari Lahir Pancasila kali ini bertepatan dengan momentum bulan Ramadhan," kata Ibnu.

Ia mengemukakan pentingnya menumbuhkembangkan semangat gotong royong dan kebersamaan yang merupakan peninggalan leluhur bangsa, melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengamalkan makna Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Saatnya kita terus menerapkan Pancasila untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi," kata Ibnu.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan secara sederhana oleh Kodim 1206 Putussibau dengan peserta upacara terdiri atas anggota TNI, FKPPI, dan Forum Bela Negara.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018