Pontianak (Antaranews Kalbar) - Para personel Skadron Udara 1 Elang Khatulistiwa Lanus Supadio Pontianak diajak untuk bersama-sama meningkatkan ketakwaan 

"Dengan melaksanakan kewajiban ibadah puasa Ramadhan, diharapkan jalinan silaturahmi semakin meningkat. Silaturahmi juga bisa meningkatkan ketakwaan, yang merupakan inti makna puasa," kata Komandan Skadron 1 Elang Khatulistiwa Letkol Pnb Supariyano saat acara buka bersama keluarga besar Skadron 1 Elang Khatulistiwa, Senin, dalam siaran persnya.

Oleh karena itu, lanjut Letkol Pnb Supariyano, silaturahmi bisa mengeratkan kebersamaan, persatuan, dan kesatuan di antara warga Skadron Udara 1, Lanud Supadio, dan masyarakat. 

Skadron Udara 1, ujar Letkol Pnb Supriyanto, merupakan satuan tempur di Lanud Supadio, yang punya posisi strategis. Mengawaki pesawat Hawk 100/200, seluruh personilnya selalu siap siaga dalam menjaga keamanan dan keadaulatan langit Bumi Khatulistiwa.

"Dengan terus menjaga silaturahmi melalui buka bersama, maka keimanan dan ketakwaan kita bisa terus diperbaiki. Sehingga muaranya adalah peningkatkan semangat kinerja dan profesionalitas, bisa terwujud," kata perwira menengah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2000 tersebut.

Kegiatan dengan tema "Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Warga Skadron Udara 1" tersebut, berlangsung di Hanggar Pewasat Hawk 100/200. Buka puasa bersama dihadiri seluruh keluarga besar Skadron Udara 1 dan Lanud Supadio.   

Pejabat yang hadir di antaranya adalah Komandan Wing (Danwing) Udara 7 Kolonel Pnb Setiawan, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Kepala Dinas Personel (Kadispers) Kolonel Pnb Sidik Setion. 

Hadir pula para Komandan Satuan (Dansat), yaitu Dansat Polisi Militer Lanud Supadio (Dansatpomau) Letkol Pom Hary M Ambon, Danskadron Udara 51 Letkol Pnb Arie Sulanjana, Dandenhanud 473 Paskhas, Letkol Pas Rudi H Aritonang dan Danyon 465 Paskhas Nevi D Hutagalung.

Dalam sambutannya, Danskadron Udara 1, Letkol Pnb Supriyanto menjelaskan, buka puasa bersama merupakan wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat yang dilimpahkan-Nya. 

Selain itu, buka bersama dijadikan sarana meningkatkan kebersamaan dengan keluarga besar Skadron Udara 1 dan Lanud Supadio secara umum.

Buka bersama warga Skadron Udara 1, diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Danskadron tausiyah Ramadhan oleh Ustadz Drs. H.M. Paino.

Dalam ceramahnya, ustadz menyampaikan tentang hikmah buka bersama di bulan Ramadhan. 
Ia menjelaskan tentang manfaatsilaturahmi, berkah puasa Ramadhan, dan hakekat mempererat tali persaudaraan.

"Bagi yang memanjangkansilaturahmi, makaakanmendapatkankelapanganrezeki, dipanjangkan umur, dan menjadi kunci surga," kata Ustadz Drs. H.M. Paino

Tentang hikmah berbuka puasa bersama di bulan Ramadhan, ustadz menjelaskan berbagai manfaat, salah satunya adalah keselamatan dan kemenangan yang kekal abadi bersama Allah SWT.

"Puasa menghindarkan dari api  neraka, memberi maghfiroh, dan rahmat Allah SWT yang tidak ada putusnya. Oleh karen aitu, bulan Ramadan disebut bulan yang penuh berkah," tuturnya.

Buka puasa bersama warga  Skadron Udara 1 diakhiri dengan makan bersama, yang sebelumnya diselenggarakan solat Maghrib berjamaah. 
 

Pewarta: Nurul Hayat

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018