Pontianak (Antaranews Kalbar) - Direktur Utama PT Antam Tbk Arie Prabowo Ario Tedjo menargetkan pada tahun 2018 ekspor dari Unit Bisnis Pertambangan Bauksit (UBPB) Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dapat mencapai 1,6 juta ton.

"Kinerja UBPB Tayan ini membantu kinerja PT ANTAM, seperti tahun lalu dimana bisa mengekspor hampir 800 ribu ton bauksit," kata Arie Prabowo saat dihubungi di Pontianak, Selasa.

Pada tahun 2017, secara umum ANTAM sudah mampu meraup keuntungan hingga mencapai Rp136 miliar. Ia mengatakan, pencapaian itu sangat luar bisa, sehingga tahun ini diharapkan eksport UBPB Tayan mampu meningkat dan mencapai target yaitu sebesar 1,6 juta ton. "Mudah-mudahan itu mampu memacu, tidak hanya mampu meningkatkan dari hasil volume tapi juga meningkatkan kualitas kinerja," katanya.

Ia menyebutkan, PT ANTAM Tbk yang memasuki usia ke-50 tahun itu kinerja secara keseluruhanya juga mengalami peningkatan kualitas pencapaian kerjanya.

"Dan ini juga berkat partisipasi dari UBPB Tayan beserta seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kalbar khususnya yang ada di Kabupaten Sanggau yang mau membantu melancarkan dan mengamankan operasional ANTAM. Saya berharap di tahun yang akan datang kami mampu lebih berkiprah dan lebih banyak berbagi dalam membangun daerah ini," katanya.

Untuk merealisasikan hal itu, ia meminta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik dari pemerintah maupun elemen masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Tanyan Hilir, Toba, Meliau dan secara umum masyarakat Kalimantan Barat.

"Dukungan yang paling kami harapkan adalah terutama terpeliharanya kondisi keamanan dan adanya keharmonisan antara PT ANTAM Tbk dan seluruh pemangku kepentingan masyarakat yang ada. Sehingga kita semua dapat bergandengan tangan menjaga aset milik negara ini bisa berkembang dan membangun daerah Kalbar," katanya.

Arie Prabowo pekan lalu hadir ke acara Safari Ramadan Direksi PT ANTAM Tbk di kantor Unit Bisnis Pertambangan Bauksit (UBPB) Tayan.

Pada kesempatan tersebut, ANTAM juga menyalurkan beberapa program CSR yaitu peresmian secara simbolis instalasi air bersih Dusun Piasak senilai Rp364 juta, penyaluran 28 bak penampungan air dalam mendukung program Jamban Sehat di Balai Belungai, pemberian 20 karpet untuk mesjid dan mushola untuk daerah sekitar dan penyaluran bantuan secara simbolis kepada 600 anak yatim.
Baca juga: Antam Peroleh Izin Ekspor Nikel dan Bauksit

Pewarta: Teguh/Slamet

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018