Sukadana (Antaranews Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara akan memprioritaskan penyaluran dan pendistribusian surat suara serta material lainnya untuk daerah kepulauan dan terluar pada pilkada pekan depan.
    "Pendistribusian ini kita lebih utamakan untuk daerah kepulauan dan daerah-daerah yang jauh dari ibukota kabupaten serta transportasinya yang sulit," kata Ketua KPU Kayong Utara Dedy Efendy di Sukadana.
    Ia mengatakan pendistribusian surat suara dan material lainnya dimulai tujuh hari sebelum hari pemilihan dari daerah tersulit dan terjauh, kemudian diteruskan ke daerah yang mudah dijangkau dan terdekat.
    "Dari PPK nantinya disalurkan ke tingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan diteruskan ke KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara). Jadi PPK lah akan mengurusnya, karena tidak ada diatur secara rinci prosedurnya," terang Dedy.
    Diakuinya, saat ini KPU Kabupaten Kayong Utara masih kekurangan beberapa logistik, terutama untuk pemilihan gubernur yang juga masih menjadi kendala dalam proses pendistribusian.
    "Sebab, kan tidak mungkin untuk mengirimkan logistik untuk Pilbup dulu baru kemudian dikirim lagi yang Pilgub. biayanya tentulah lebih besar," kata dia.
    "Semua tahapan maupun proses jelang hari pencoblosan, KPU Kabupaten Kayong Utara sudah on schedule, sesuai dengan jadwal," tambahnya.

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018