Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan melakukan inspeksi mendadak (sidak) kepada petugas kesehatan di sejumlah Puskesmas yang ada di Kota Singkawang, Kamis. 
   
"Sidak ini dilakukan guna melihat aktivitas layanan di Puskesmas setelah cuti bersama lebaran Idul Fitri," kata Irwan. 
   
Dari beberapa Puskesmas yang di datanginya khususnya di Kecamatan Singkawang Selatan dan Barat, petugas masih tetap memberikan layanan yang maksimal walaupun hari ini (kemarin, red) merupakan hari pertama kerja usai cuti bersama. 
   
"Alhamdulillah, baik dokter maupun tenaga medis lainnya ikut hadir memberikan layanan yang maksimal ke masyarakat," ujarnya. 
   
Sebenarnya, kata Irwan, hal-hal yang bersifat pemberi layanan tidak mengenal dengan hari libur. "Tapi saya bangga dan memberikan apresiasi kepada teman-teman yang bertugas di kesehatan bisa melaksanakan tugas, karena memang kesehatan ini adalah prioritas bagi kita," katanya. 
   
Menurutnya, sidak yang dilakukan bersama tim ini bukanlah hal yang mengagetkan bagi mereka (petugas) karena memang pada waktu libur mereka tetap bekerja. 
   
"Jadi terkait dengan layanan saya rasa sudah tidak lagi diragukan, hanya ada beberapa hal yang menyangkut sarana dan prasarana yang memang harus kita dukung," jelasnya. 
   
Seperti daya listrik yang memang masih kurang khususnya dibeberapa Puskesmas, kemudian ruangan untuk kenyamanan pasien. 

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie memimpin apel bersama dengan ASN di halaman Kantor Wali Kota Singkawang, Kamis pagi. 
   
"Saya bersyukur semua ASN ontime, artinya jam 07.15 WIB saya datang, mereka semua sudah pada kumpul di halaman Kantor," kata Tjhai Chui Mie. 
   
Ini merupakan hal yang baik untuk Pemerintah Kota Singkawang, dimana hari pertama kerja sudah tidak molor, dan diharapkan tingkat ketidakhadiran juga nihil alias nol. 
   
"Soalnya belum saya cek, ada berapa orang yang tidak hadir pada hari ini (kemarin,red)," katanya. 
   
Dia berharap, dihari pertama masuk kerja (usai cuti bersama) sampai selanjutnya semangat kerja ASN tidak kendor dan punya visi misi yang sama dengan Walikota dan Wakil Walikota sehingga bisa mewujudkan Singkawang Hebat. 
   
"Kepada Kepala Dinas diharapkan bisa sungguh-sungguh menyesuaikan programnya dengan kami, sehingga dia juga bisa menginstruksikan ke bawahannya," ungkapnya. 

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Singkawang, Juandi mengatakan, akan melakukan pendataan terhadap pegawai yang hadir maupun tidak dihari pertama masuk kerja usai cuti bersama. 
   
"Kalau memang masih ada pegawai yang tidak hadir tanpa alasan yang kuat, maka akan diberikan sanksi," katanya. 
   
Sanksi yang diberikan pun, katanya, tergantung kesalahan yang dilakukan pegawai yang bersangkutan. 
   
"Bisa bersifat ringan, sedang maupun berat tergantung alasannya. Nanti akan kita sesuaikan dengan PP No.53 tahun 2010," ujarnya. 

(KR-RDO)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018